Kaltim Harus Melepaskan Ketergantungan pada Migas dan Batu Bara

Pengembangan sektor non sumber daya alam

Samarinda, IDN Times - Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Hadi Mulyadi menegaskan, Kaltim tidak dapat menggantungkan diri terus dengan minyak dan gas bumi (migas) serta batu bara. Karena sumber daya alam tersebut menurut dia, lambat laun akan habis, sebab tidak dapat diperbarui.

“Untuk peningkatan SDM, sudah tertuang dalam misi Kaltim Berdaulat, yakni Berdaulat dalam pembangunan sumber daya manusia yang berakhlak mulia dan berdaya saing, terutama perempuan, pemuda dan penyandang disabilitas,” kata Hadi dalam akun Instagram Pemprov Kaltim belum lama ini. 

1. Terobosan peningkatan SDM Kaltim

Maka untuk mengantisipasi hal tersebut, lanjutnya, harus ada terobosan dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) dari berbagai jenjang pendidikan, sehingga generasi penerus Kaltim memiliki daya saing yang tinggi.

Mantan legislator Karang Paci dan Senayan itu menambahkan Pemprov Kaltim sudah menetapkan berbagai program dalam peningkatan SDM, mulai tingkat SD, SMP, SMA hingga tingkat perguruan tinggi, melalu Beasiswa Kaltim Tuntas, guna mewujudkan misi pertama Kaltim Berdaulat.

“Dengan strategi pembangunan pendidikan yang tepat, kita berharap kelak akan lahir putra-putri daerah terbaik yang memiliki keahlian tertentu dan berguna bagi nusa dan bangsa, bahkan bisa menjadi pemimpin di daerah hingga ditingkat nasional maupun internasional,” tandasnya.

Baca Juga: Warung Kopi Haji Acut yang Melegenda Tiga Generasi di Samarinda

2. Mengacu pada kemajuan negara lain

Kaltim Harus Melepaskan Ketergantungan pada Migas dan Batu BaraIDN Times/Arief Rahmat

Dikatakan, banyak negara maju, salah satunya Singapura yang tidak memiliki sumber daya alam, tetapi mereka mampu bersaing dengan negara maju lain.

"Hal itu disebabkan mereka memiliki SDM andal dan berkualitas. Maka dari itu peningkatan SDM, di atas segala-galanya," tegasnya.

3. Pemprov Kaltim memprioritaskan program pendidikan dan SDM

Kaltim Harus Melepaskan Ketergantungan pada Migas dan Batu BaraIlustrasi pelajar (IDN Times/Mardya Shakti)

Orang nomor dua Benua Etam itu menambahkan Pemprov Kaltim masih memprioritaskan program pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas SDM, sehingga generasi muda memiliki potensi andal bisa bersaing dalam berbagai bidang.

"Pemprov sudah melakukan berbagai program dalam peningkatan SDM, mulai tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi, melalu Beasiswa Kaltim Tuntas, walaupun begitu diharapkan partisipasi dan kontribusi dari stakeholders dalam merealisasikan SDM yang andal dan berkualitas," tandasnya. 

Baca Juga: Instalasi Kedokteran Nuklir di RS AW Sjahranie Samarinda

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya