Kaltim Siap Menjadi Tuan Rumah Hari Kearsipan Nasional 2024

Diikuti Lembaga Kearsipan Daerah se-Indonesia

Samarinda, IDN Times - Kalimantan Timur (Kaltim) akan menjadi tuan rumah peringatan Hari Kearsipan Nasional (Harkanas) 2024 yang diikuti oleh Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) se-Indonesia. 
 
"Untuk mempersiapkan acara tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim bersama tim Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan survei calon lokasi yang akan menjadi tempat pertemuan dan pameran kearsipan," kata Kepala DPK Kaltim Muhammad Syafranuddin dilaporkan Antara di Samarinda, Selasa (5/9/2023).

1. Convention Hall Sempaja Samarinda dipersiapkan lokasi Hari Kearsipan Nasional

Kaltim Siap Menjadi Tuan Rumah Hari Kearsipan Nasional 2024Potret Jembatan Mahakam dan Mahkota IV yang menghubunkan Samarinda Kota dan Samarinda Seberang (IDN Times/yuda almerio)

Pria yang akrab disapa Ivan itu menyebut lokasi yang ditinjau antara lain Convention Hall Sempaja Samarinda karena memiliki fasilitas dan sarana untuk menampung ribuan tamu yang diperkirakan hadir dalam gelaran itu.
 
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan juga menyiapkan kebutuhan Harkanas 2024, seperti anggaran, akses, fasilitas, hingga muatan konten budaya yang akan diperkenalkan kepada tamu-tamu dari seluruh Indonesia. 
 
"Harkanas 2024 merupakan kesempatan bagi Kaltim untuk mempromosikan potensi daerah di bidang kearsipan," ujar Ivan.

Baca Juga: Lapas Narkotika Samarinda Menggelar Razia Gabungan pada Narapidana

2. Kesiapan ANRI dan Pemprov Kaltim

Kaltim Siap Menjadi Tuan Rumah Hari Kearsipan Nasional 2024Suasana pencetakan formulir tanda gambar untuk Pemilu 1955 di Percetakan Negara, Jakarta, 23 Juli 1955. (Dok. Arsip Nasional Republik Indonesia)

Sekretaris Utama ANRI Rini Agustiani mengapresiasi kesiapan dan kerja sama Pemerintah Provinsi Kaltim dalam menyelenggarakan acara tersebut. “Kami sangat senang dan berterima kasih kepada Pemprov Kaltim yang telah memberikan dukungan penuh untuk Harkanas 2024,” ujar Rini.

Usai melakukan survei calon lokasi, rombongan ANRI yang turut dihadiri Deputi Bidang Konservasi Arsip Kandar melanjutkan pertemuan dengan audiensi persiapan Rakornas 2024 dan Bimtek Risk Assesment bersama dengan Staf Ahli Gubernur Bidang Reformasi, Birokrasi, dan Keuangan Daerah Didi Rusdiansyah.

3. Koordinasi DPK Kaltim dan ANRI

Kaltim Siap Menjadi Tuan Rumah Hari Kearsipan Nasional 2024Duta Arsip Nasional RI, Rieke Diah Pitaloka (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Didi mengatakan terus berkoordinasi dengan DPK Kaltim dan ANRI untuk kesiapan Harkanas 2024. “Kami akan bantu dari anggaran, akses, fasilitas, dan muatan konten budaya yang akan diperkenalkan ke seluruh tamu yang hadir," tuturnya.

Menurutnya, persiapan yang sudah dimulai saat ini mencakup koordinasi intens antara DPK Kaltim dan Pemerintah Provinsi dari perencanaan maupun hal teknis.

Agenda survei lokasi Harkanas 2024 ditutup dengan pemberian cendera mata kain tenun khas Kaltim dan kerajinan manik oleh Kepala DPK Kaltim kepada Sekretaris Utama dan Deputi Bidang Konservasi Arsip. 

Baca Juga: Kontrol Peredaran Ganja dari Lapas, Napi Samarinda Divonis 6 Tahun

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya