Comscore Tracker

Kasad Pantau Langsung Latihan TNI AD dan US Army di Amborawang

Latihan bersama sudah berlangsung beberapa hari

Balikpapan, IDN Times - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa tiba di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). Kehadiran jenderal bintang empat ini guna memantau langsung latihan bersama antara pasukan TNI AD dan US Army di Amborawang Kutai Kartanegara Kaltim.

"Selamat datang di Benua Etam jenderal," ucap Gubernur Kaltim Isran Noor seraya mengepalkan tangan ala jabat tangan pandemik COVID-19 kepada Kasad yang datang menumpang pesawat Boeing milik TNI Angkatan Udara di akun Instagram Pemprov Kaltim, Rabu (11/8/2021).

1. Latihan bersama pasukan TNI AD dan US Army

Kasad Pantau Langsung Latihan TNI AD dan US Army di AmborawangLatihan bersama TNI AD dan US Army di Balikpapan Kalimantan Timur, Rabu (4/8/2021). Foto istimewa

Latihan bersama pasukan TNI AD dan US Army bertemakan Garuda Shield 15/2021 di Kodam VI Mulawarman yang berlangsung sejak 4 - 13 Agustus 2021.

Latihan yang melibatkan personel TNI AD dengan US Army, digelar di Markas Batalyon Infanteri 600 Raider dan latihan taktik di kawasan medan latihan Amborawang.

Latihan bersama TNI AD dan US Army sudah dibuka Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto. Dalam pembukaan, Hery menyebutkan, latihan ini merupakan agenda terbesar yang dilaksanakan, untuk meningkatkan hubungan kerja sama antar kedua negara.

Latma ini dilakukan di tiga lokasi di Indonesia, yakni Puslatpur Kodiklatad Baturaja, Amborawang Kutai Kartanegara, dan Makalisung di Manado Sulawesi Utara.

“Jadi latihan ini sudah dirancang dan diprogramkan oleh Angkatan Darat (AD) dua tahun yang lalu. dan, latihan ini berjalan sampai sekarang hingga pelaksanaan dan dilakukan di tiga tempat,” ujar Heri saat pembukaan.

Baca Juga: Latihan Gabungan TNI AD-US Army  di Kaltim, Para Tentara Antusias

2. Latihan bersama berupa taktik perang dan mempergunakan senjata ringan

Kasad Pantau Langsung Latihan TNI AD dan US Army di AmborawangLatihan bersama TNI AD dan US Army di Balikpapan Kalimantan Timur, Rabu (4/8/2021). Foto istimewa

Didampingi oleh pimpinan dari US Army Charlie Company Commander BN 1-21 Capt David Moets, Heri mengungkap, rancangan latihan yang telah diagendakan selama beberapa hari ke depan. Di mana, latihan yang dilakukan akan bersifat real, dengan senjata ringan yang akan digunakan. Kemudian ada taktik dan latihan lapangan yang disebut field training exercise.

“Yang kedua life fire exercise khusus untuk senjata mortar, dan senjata senapan mesin ringan (SMR). Ini yang akan kami laksanakan, hingga latihan garuda,” tuturnya.

Sementara itu, terkait kondisi cuaca yang sering berubah-ubah, Heri mengatakan hal tersebut tak menjadi penghalang. Justru kondisi tersebut membuat para tentara Army merasa senang.

“Situasi cuaca Balikpapan memang tidak selalu sama, tapi tidak masalah. US Army juga merasa senang karena mendapat situasi berbeda,” kata dia.

4. Pasukan US Army antusias latihan di Amborawang

Kasad Pantau Langsung Latihan TNI AD dan US Army di AmborawangTentara Amerika (US Army) mengikuti pembukaan Latihan Bersama Garuda Shield ke 15/2021 di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD di Baturaja, OKU, Sumatera Selatan, Rabu, 4 Agustus 2021 (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Jelang-jelang latihan, pasukan US Army sudah merasa senang dan antusias. Dalam kesempatannya, Capt David Moets membenarkan jika pelatihan ini menjadi yang pertama kalinya dan terbesar. ia menyampaikan, bahwa kedatangan mereka ke Balikpapan menjadi salah satu pengalaman terhebat.

Tentunya, mereka ingin kembali dan melakukan kerja sama lagi dengan TNI AD di masa depan.

Meski begitu, situasi yang tidak memungkinkan membuat mereka tak bisa tinggal lebih lama.

“Nantinya kami akan langsung kembali, tetapi ke depannya jika ada kesempatan kami akan balik lagi,” ucapnya.

5. Pejabat Kaltim sambut kedatangan Kasad

Kasad Pantau Langsung Latihan TNI AD dan US Army di AmborawangKasad Jenderal TNI Andika Perkasa mengunjungi RS R Hardjanto Balikpapan Kaltim. Foto Kodam Mulawarman

Gubernur Kaltim Isran Noor menjemput kedatangan rombongan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Hetty Andika Perkasa di VVIP Room Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan, Rabu, 11 Agustus 2021

"Bagaimana kabarnya Pak Gubernur," balas jenderal bintang empat ini saat membalas sambutan Gubernur Kaltim di Bandara Sepinggan Balikpapan.

Hadir pula Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Wakil Ketua DPRD Kaltim H Muhammad Samsun, Danlanal Balikpapan serta Danlanud Dhomber Balikpapan, dan jajaran Forkopimda.

Gubernur Kaltim bercerita kondisi terakhir pandemik juga sinergi pemerintah daerah dengan Kodam VI Mulawarman terkait upaya penanggulangan COVID-19 dan pembangunan sudah melibatkan jajaran TNI.

Baca Juga: Jadi Episentrum Sebaran COVID-19, Ini  Dalih Pembelaan Kaltim 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya