Kejaksaan Memberikan Pertimbangan Hukum dalam Pengadaan Lahan IKN

Permohonan Kantor BPN PPU

Samarinda, IDN Times - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Timur (Kaltim) siap memberikan pertimbangan hukum atas permohonan dari Kantor Pertanahan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dalam pelaksanaan pengadaan lahan untuk kepentingan umum di lokasi pengembangan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Pada Kamis (30/3) kami menjamu Kepala Kantor Pertanahan PPU beserta jajarannya untuk mendengarkan paparan perihal permohonan pertimbangan hukum soal pelaksanaan pengadaan tanah di KIPP IKN Nusantara tahap I,” kata Wakil Kepala Kejati Kaltim Harli Siregar melalui Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Kaltim Toni Yuswanto di Samarinda, Jumat (31/3/2023). 

1. Permohonan dari Kantor BPN di Penajam Paser Utara

Kejaksaan Memberikan Pertimbangan Hukum dalam Pengadaan Lahan IKNSejumlah bahan kontruksi berada di lokasi segmen tiga di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Ia menerangkan, perihal tersebut dilaksanakan sehubungan dengan Surat Permohonan dari Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten PPU Nomor AT.02.02/775-64.09/III/2023 yang masuk pada Rabu (15/3) lalu.

Lanjutnya, perihal yang dimaksud terkait penilaian dan pemberian ganti kerugian terhadap aset barang milik daerah Pemerintah Kabupaten PPU yang di dalamnya terdapat beberapa unit bangunan rumah khusus yang telah ditempati dan direncanakan akan dihibahkan kepada masyarakat namun belum terlaksana.

Baca Juga: Pemprov Kaltim akan Bantu Pembangunan Infrastruktur di Samarinda

2. Kejaksaan memberikan pertimbangan hukum kepada presiden dan instansi pemerintah lainnya

Kejaksaan Memberikan Pertimbangan Hukum dalam Pengadaan Lahan IKNSebuah kendi yang berisi tanah dan air dari seluruh provinsi se-Indonesia usai seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.)

Kejaksaan sesuai dengan tugas dan wewenang memberikan pertimbangan dalam bidang hukum kepada presiden dan instansi pemerintah lainnya. Di mana dalam pelaksanaannya bidang perdata dan tata usaha negara (DATUN) memiliki fungsi penegakan hukum, bantuan hukum, pertimbangan hukum, dan Tindakan hukum lain, serta pelayanan hukum di bidang perdata dan tata usaha negara. 

Ia mengemukakan bahwa tugas dan wewenang tersebut sesuai yang termaktub pada Undang-Undang (UU) RI Nomor 11 Tahun 2021 tentang perubahan atas UU RI Nomor 16 Tahun 2004 Tentang Kejaksaan Republik Indonesia Pasal 34.

Dijelaskan Toni, dengan pemberian pertimbangan hukum oleh Kejaksaan, diharapkan pemohon, dalam hal ini Kantor Pertanahan Kabupaten PPU tidak salah dalam mengambil keputusan atau kebijakan secara yuridisnya.

3. Komitmen kejaksaan dalam menyukseskan pembangunan IKN

Kejaksaan Memberikan Pertimbangan Hukum dalam Pengadaan Lahan IKNPresiden Joko Widodo (kedua kiri) memberikan arahan kepada Gubernur se-Indonesia pada seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.

Menurut Toni, ini merupakan bentuk komitmen Kejaksaan khususnya Kejaksaan Tinggi Kaltim, terus aktif berpartisipasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang ada dalam menyukseskan pembangunan IKN Nusantara. 

Dalam kegiatan tersebut, Wakajati Harli Siregar didampingi oleh Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Gunadi beserta para Jaksa Pengacara Negara pada Kejati Kaltim dan turut hadir dari Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten PPU  Ade Chandra W beserta staf serta dari Dinas Perkim Kabupaten PPU  Supriyadi beserta staf.

Baca Juga: BPBD Samarinda Bersiap Menghadapi Datangnya Musim Kemarau

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya