Kilang Pengolahan BBM Pertamina Balikpapan yang Terbakar 

Penyebab kebakaran belum diketahui

Balikpapan, IDN Times - Kebakaran yang terjadi di kilang minyak Pertamina Balikpapan berhasil cepat dikuasai oleh tim pemadam kebakaran, Jumat (4/3/2022) siang ini. Pertamina mengerahkan empat unit mobil pemadam kebakaran internal Pertamina, ditambah dengan adanya pemadam statis di sekitar area yang langsung bekerja saat terjadi kebakaran membuat api dengan cepat dapat dikuasai.

 

“Lokasi kebakaran berada di tengah kilang agak jauh dari pagar kilang, kondisi pada pukul 11.00 Wita api sudah dapat dikendalikan dengan mengerahkan 4 mobil pemadam kebakaran, dan ada pemadam statis yang langsung bekerja saat terjadi kebakaran,” kata Manager Communications, Relations & CSR PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), Ely Chandra.

Baca Juga: Remaja Tenggelam saat Berenang di Pantai Manggar Balikpapan

1. Titik pusat kebakaran

Kilang Pengolahan BBM Pertamina Balikpapan yang Terbakar Kebakaran kilang minyak Pertamina Balikpapan Kaltim. Foto istimewa

Chandra menyebut kebakaran yang terjadi sekitar pukul 10.32 Wita itu berlokasi di salah satu pabrik yang disebut Plant 3B.

Saat kejadian sambungnya, pabrik yang mengalami kebakaran tersebut sedang beroperasi normal melakukan pengelolaan minyak seperti biasa.

“Kondisi sudah beroperasi normal, di dalam kilang ada beberapa pabrik pengelolaan minyak yang beroperasi,” sebutnya.

2. Pabrik terbakar dilakukan proses pendinginan

Kilang Pengolahan BBM Pertamina Balikpapan yang Terbakar Manager Communications, Relations & CSR PT Kilang Pertamina Internasional (KPI), Ely Chandra. Foto istimewa

Dalam melakukan penanganan kebakaran, satu pabrik yang terbakar langsung dilakukan pemadaman. “Area itu ada aktivitas produksi dan berjalan normal. Karena kebakaran ini satu pabrik ini kita dinginkan semua, tidak ada kendala dalam pemadaman,” ujar Ely.

Ditanya terkait penyebab kebakaran Ely mengatakan saat ini pihaknya masih fokus melakukan penanganan dan pendinginan dan saat ini sudah terkendali.

“Kita fokus penanganan dan saat ini pendinginan dan sudah terkendali, belum diketahui penyebabnya, kami masih kumpulkan data, tidak ada korban jiwa baik terluka maupun lainnya,” pungkasnya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat khususnya warga Kota Balikpapan tidak perlu khawatir terkait insiden kebakaran di area kilang minyak ini.

“Masyarakat tidak perlu panik. Untuk kebutuhan BBM dan LPG akan tetap kami suplai seperti biasa,” imbuhnya. 

Baca Juga: Kilang Pertamina Terbakar, Warga Diminta Tidak Khawatir

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya