Komisi 9 DPR RI Kunjungi Kaltim untuk Kumpulkan Aspirasi Pembangunan

Wagub Kaltim sambut rombongan DPR RI

Samarinda, IDN Times - Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) H Hadi Mulyadi beserta kepala OPD, lembaga/instansi vertikal di lingkup Kaltim menerima kunjungan kerja (Kunker) Ketua Tim dan 19 anggota Komisi 9 DPR RI. Rombongan legislatif disambut di Ruang Serbaguna Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (8/10/2021).

"Salah satu permintaan warga Kaltim, agar pembangunan bisa merata. Terkait IKN, jangan sampai kota penyangga (Samarinda, Balikpapan, Kukar dan daerah lain) ketinggalan. Perlu ada kesepahaman supaya pembangunan bisa merata dan adil," kata Hadi Mulyadi dalam akun Instagram Pemprov Kaltim.

1. Wagub Kaltim berharap Komisi 9 dapat membawa aspirasi warganya

Komisi 9 DPR RI Kunjungi Kaltim untuk Kumpulkan Aspirasi PembangunanWakil Gubernur Hadi Mulyadi saat peninjauan lokasi banjir di Jalan Sejahtera 1, Kecamatan Sungai Pinang pada 26 Mei 2020 sore (Humas Pemprov Kaltim/Istimewa)

Dari Kunker ini, Hadi Mulyadi berharap Komisi 9 DPR RI mendapat masukan untuk pembangunan di Kaltim, termasuk aspirasi yang ingin disampaikan ke pemerintah pusat.

Seperti diketahui, Kaltim terdapat 10 kota/kabupaten di mana sebagian wilayahnya masuk kategori remote area dan masuk wilayah perbatasan dengan Malaysia. Pemerintah masih fokus dalam pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana publik. 

Baca Juga: Duh! Gangguan Kesehatan Jiwa Meningkat di Kaltim 

2. Kaltim merupakan lokasi ibu kota negara

Komisi 9 DPR RI Kunjungi Kaltim untuk Kumpulkan Aspirasi PembangunanPresiden Jokowi (pegang payung) saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Provinsi Kaltim, lanjut mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini sejak 2019 telah ditetapkan Presiden Joko Widodo sebagai ibu kota negara (IKN) baru, yang dalam proses pembangunannya perlu banyak perhatian dan keseriusan, sehingga bisa terealisasi sesuai yang diharapkan bersama.

3. Warga Kaltim bersyukur ditunjuk sebagai ibu kota negara

Komisi 9 DPR RI Kunjungi Kaltim untuk Kumpulkan Aspirasi PembangunanPresiden Jokowi saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Menurut Hadi, warga Kaltim sangat berterima kasih atas keputusan Presiden memindahkan ibu kota ke Kaltim. Dirinya, meyakini pembangunan Jawa dan luar Jawa akan terjadi pemerataan yang luar biasa.

Selain itu, akan terjadi migrasi tenaga kerja, di mana potensi sumber daya yang akan berkembang bukan hanya Kaltim, tapi juga daerah sekitar pulau Kalimantan.

Baca Juga: Pemprov Kaltim Belum Berikan Lampu Hijau untuk Belajar Tatap Muka

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya