Kota/Kabupaten di Kaltim Mulai Membaik Penanganan COVID-19

Kondisi pasien COVID-19 di Balikpapan yang mengkhawatirkan

Balikpapan, IDN Times - Pasien pandemik COVID-19 di Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi 1.013 dari sempat tercatat sebanyak 1.105 orang, Sabtu (5/6/2021). Kondisi penanganan pandemik COVID-19 di Kaltim memang fluktuatif meskipun cenderung membaik di sejumlah kota/kabupaten setempat.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kaltim menekankan kondisi tiga kota dominan, yakni Balikpapan, Samarinda, dan Kutai Kartanegara. Penanganannya disesuaikan pasca momen liburan dan lebaran Idul Fitri lalu.

1. Kasus di Kukar turun signifikan

Kota/Kabupaten di Kaltim Mulai Membaik Penanganan COVID-19Sebanyak 2 ribu tenaga pendidik dan guru Balikpapan disuntik vaksin sinovac. (IDN Times/Hilmansyah)

Satgas COVID-19 Kaltim melaporkan total pasien terpapar virus di Kukar tercatat sebanyak 85 orang atau turun 63 persen dari sebelumnya 228 orang sepekan lalu. Pandemik COVID-19 di Kukar memang masih fluktuatif meskipun trennya cenderung positif.

Baca Juga: Arkenas Temukan Banyak Peradaban Kuno Menarik di Lokasi IKN Kaltim

2. Balikpapan mengalami kenaikan jumlah pasien

Kota/Kabupaten di Kaltim Mulai Membaik Penanganan COVID-19Pelanggan prokes terlihat adu mulut dengan petugas saat razia prokes penggunaan masker, Jumat (12/3/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Kota Balikpapan mengalami kenaikan tipis virus COVID-19. Pasien terpapar virus masih tersisa sebanyak 353 atau naik 23 persen dari sebelumnya sebanyak 287 orang terpapar virus. Pasien COVID-19 di Balikpapan juga sempat terjadi ledakan kasus mencapai ribuan jiwa.

3. Kota Samarinda dan Bontang terjadi fluktuatif kasus

Kota/Kabupaten di Kaltim Mulai Membaik Penanganan COVID-19Vaksinasi bagi para guru dan tenaga pendidik di Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Kota Samarinda dan Bontang juga mengalami kondisi fluktuatif kondisi kasus COVID-19. Pasien COVID-19 di Samarinda naik jadi 166 orang dari sebelumnya 104 orang.

Sedangkan di Bontang, pasien COVID-19 menjadi 71 orang dari sebelumnya 96 orang.

4. Pemprov Kaltim menerapkan PPKM Mikro Jilid V

Kota/Kabupaten di Kaltim Mulai Membaik Penanganan COVID-19Kegiatan razia prokes penggunaan masker. (IDN Times/Hilmansyah)

Pemprov Kaltim aktif menerapkan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro. Seluruh kota/kabupaten diminta aktif menerapkan protokol kesehatan hingga pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi seluruh kalangan. Total pasien COVID-19 di Kaltim saat ini tercatat 1.013 dari sebelumnya 1.105 kasus.

Enam kota/kabupaten berstatus warna merah; Balikpapan, Samarinda, Kukar, Kutai Timur, Kutai Barat, dan Berau.

Sedangkan tiga lainnya, Mahakam Ulu dan Penajam Paser Utara (kuning), dan Paser (oranye).

Baca Juga: Belasan Permainan Tradisional Mulai Punah di Kaltim, Ini Penyebabnya

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya