KPK Meminta Pemkab Paser Mendata Usaha Sarang Burung Walet 

Memaksimalkan potensi pendapatan asli daerah

Paser, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta Pemerintah Kabupaten Paser di Kalimantan Timur (Kaltim) untuk melakukan pendataan usaha sarang burung walet beserta pemiliknya. Tujuannya dalam rangka memaksimalkan potensi pendapatan asli daerah (PAD). 

“Sesuai permintaan KPK, pemerintah daerah wajib mendata setiap bangunan walet dengan menghitung luas dan pemiliknya. KPK  minta data base perizinan sarang walet,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Paser Totok Ifrianto diberitakan Antara, Senin (19/9/2022). 

1. DPMPTSP Paser akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang

KPK Meminta Pemkab Paser Mendata Usaha Sarang Burung Walet Ilustrasi KPK (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Untuk menindaklanjuti itu, DPMPTSP Paser akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang. Rencananya pada Oktober  2022  KPK akan menyusun rencana aksi penertiban sarang burung walet di seluruh Provinsi Kaltim. 

“Nanti ada rencana aksi dari KPK, beberapa instansi akan diundang, diperkirakan bulan Oktober,” kata Totok.

Ia menyebutkan, upaya  tersebut dilakukan dalam rangka mengoptimalkan penerimaan daerah dari usaha sarang walet.

Baca Juga: Dishub Paser Harap Pembangunan Bandara Segera Terealisasi

2. Akan ada rekomendasi untuk dilakukan Pemkab Paser

KPK Meminta Pemkab Paser Mendata Usaha Sarang Burung Walet Instagram

Menurutnya, dari rencana aksi itu akan keluar rekomendasi apa yang harus dilakukan Pemkab Paser. Harapannya agar tidak hilang potensi pendapatan daerah dari usaha sarang burung walet.

Selama ini, katanya Pemkab Paser mengalami kesulitan  mengidentifikasi penerimaan pajak dari usaha sarang walet dikarenakan belum ada formulasi atau ketentuan yang mengatur itu.

“Karena laporan penerimaan usaha sarang walet selama ini tergantung dari laporan pengusaha,” ucapnya.

3. Melibatkan Balai Karantina Pertanian Balikpapan

KPK Meminta Pemkab Paser Mendata Usaha Sarang Burung Walet burung walet bersantai di dalam sarangnya (pixabay.com/Susanne Edele)

Totok menyebutkan, sebenarnya di karantina pertanian Balikpapan bisa diketahui siapa pemilik sarang walet di Paser  dan apakah mereka telah membayar pajak.

Dia menuturkan, saat melewati karantina, bisa dicek  dan diketahui barang  tersebut milik siapa, dan apakah sudah bayar pajak. Kemudian bisa diketahui apakah ada rekomendasi dari peternakan. Dari situ sebenarnya bisa diketahui.

Namun, kata Totok, dikarenakan pihak karantina Balikpapan tidak memiliki kewenangan terkait pengecekan pajak sarang  burung walet, hal itu tidak bisa dilakukan.

Totok mengungkapkan, sempat direncanakan Pemkab Paser akan bekerja sama dengan pihak karantina untuk mengatasi persoalan itu. “Namun saran KPK, dari pada nanti kerja sama melanggar ketentuan dan aturan, akan lebih baik dilakukan rencana aksi untuk mengatasi masalah  tersebut,” ujar Totok.

Baca Juga: Ancaman Merebak Penyakit, Ini Jawaban Bupati Penajam Paser Utara 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya