Lapas Narkoba Samarinda Terima 20 Napi Baru dari Bontang

Agar memperoleh pembinaan lebih baik

Samarinda, IDN Times - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Narkotika Kelas IIA Samarinda menerima narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) baru dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bontang sebanyak 20 orang.
 
"Kami menyambut kedatangan jajaran Lapas Bontang dengan membawa 20 WBP yang telah kami terima, agar nantinya mendapatkan pembinaan yang lebih baik di sini," ujar Kalapas Narkotika Samarinda Hidayat diberitakan Antara di Samarinda, Kamis (18/5/2023).

1. Pengiriman warga binaan untuk memaksimalkan pembinaan

Lapas Narkoba Samarinda Terima 20 Napi Baru dari BontangPersonil Lapas Kelas II A Samarinda lakukan penggeledahan disetiap Blok hunian Lapas (Istimewa)

Ia menerangkan bahwa pengiriman warga binaan ini bertujuan untuk memaksimalkan pembinaan yang didapatkan narapidana selama menjalani masa pidananya.
 
Lembaga Pemasyarakatan merupakan tempat yang sesuai untuk memberikan pembinaan-pembinaan bagi narapidana, baik pembinaan kepribadian maupun pembinaan kemandirian.
 
"Pengiriman narapidana baru diterima dengan baik oleh Lapas Narkotika Samarinda, selanjutnya dilakukan penggeledahan badan dan barang, pengecekan administrasi, serta pengecekan kesehatan warga binaan," kata Hidayat.

Baca Juga: Wali Kota Samarinda Peringkat Satu Upakarti Artheswara Tinarbuka

2. Pengarahan terkait hak dan kewajiban warga binaan

Lapas Narkoba Samarinda Terima 20 Napi Baru dari BontangPetugas Lapas memeriksa sejumlah warga binaan terkait dugaan penyelundupan narkoba dengan modus melemparkan paket dari luar tembok Lapas. (Dok: Lapas Klas IIA Rantauprapat)

Usai WBP masuk ke lingkungan Lapas Narkotika Samarinda, jelasnya, berikutnya dilakukan pemberian pengarahan terkait hak dan kewajiban warga binaan baru, di mana kegiatan penerimaan warga binaan tersebut berjalan dengan aman dan kondusif. 
 
Ia menambahkan, banyak program binaan positif yang diperuntukkan kepada WBP, di antaranya Pesantren WBP untuk pembinaan rohani, sarana edukasi keterampilan menjahit, sarana edukasi beternak, hingga sarana edukasi pertanian.

3. Program positif lainnya adalah kegiatan rutin jemur pagi

Lapas Narkoba Samarinda Terima 20 Napi Baru dari BontangIlustrasi narapidana anak (IDN Times/Kristina Natalia)

Selain itu, program positif lainnya adanya kegiatan rutin berjemur setiap pagi, kemudian program rehabilitasi sosial dan juga dilengkapi fasilitas Klinik Kesehatan sebagai saran cek kesehatan atau berobat bagi WBP.
 
"Kami terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi warga binaan, supaya mereka mendapatkan pembekalan positif usai menuntaskan masa tahanan," pungkas Hidayat.

Baca Juga: Kejaksaan Menahan Dua Tersangka Korupsi BPHTB Samarinda 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya