Comscore Tracker

Lokasi IKN Nusantara yang Jadi Destinasi Wisata Warga Kaltim

Dikunjungi selama liburan lebaran Idul Fitri 2022

Samarinda, IDN Times - Titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menghipnotis masyarakat Indonesia, tidak terkecuali warga Kalimantan Timur (Kaltim) sendiri.

Seperti hari keempat lebaran Idul Fitri 2022 ini, Kamis (5/4/2022), di mana ritual mengunjungi pantai atau pun tempat wisata lainnya bukan jadi prioritas. 

Pak Solihin, warga Perumnas Bengkuring Tepian Permai di Kelurahan Sempaja Samarinda, contohnya.

“Alhamdulillah titik nol sudah selesai," Solihin membuka komennya di WAG seraya menunjukkan foto-foto selfie berlatar ratusan pengunjung di lokasi titik nol IKN Nusantara dalam akun Instagram Pemprov Kaltim. 

1. Liburan bersama keluarga

Solihin tidak datang sendiri, tapi dia sengaja mengajak anak dan istrinya bahkan beberapa anggota keluarganya mengunjungi lokasi penyatuan tanah dan air dari seluruh Indonesia pada 14 Maret lalu oleh Presiden Joko Widodo bersama 34 gubernur se Indonesia.

"IKN, alhamdulilllah sudah banyak yang ngunjungi titik nol itu," komennya lagi dan sontak mendapat respons dari anggota grup WAnya.

"Pak, titik nol ini di mana ini sekarang," tanya salah satu anggota grup yang ternyata masih memperoleh informasi lengkap tentang IKN, tanda penasaran.

Dan Pak Solihin tanpa sungkan langsung menjawab. "Di Kecamatan Sepaku, masuk lewat KM 38 Samboja ke arah Sepaku Semoi, satu jam tembus," sahutnya yang direspons tiga jempol.

Baca Juga: TNI AL Tangkap Kapal Pengangkut 4.100 CPO di Perairan Kaltim

2. Kondisi IKN Nusantara yang belum dibangun

Lokasi IKN Nusantara yang Jadi Destinasi Wisata Warga KaltimSejumlah bahan kontruksi berada di lokasi segmen tiga di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Ternyata Pak Solihin belum mau mengakhiri obrolan di WAGnya.

"Kapan ke sini aku tunggu, memang banyak orang tapi ga ada apa-apanya, masih nooooooll," pungkasnya seolah semakin memancing anggota grup WAnya untuk lebih penasaran dan datang mengunjungi IKN.

Titik nol IKN, sebagai program prioritas Pemerintahan Presiden Jokowi, juga ternyata mampu menyedot perhatian masyarakat.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan kawasan ini menjadi destinasi baru di Benua Etam. Seperti halnya Pak Solihin, antusias dari jutaan rakyat Indonesia yang ingin mengetahui apa titik nol IKN.

Belum jadi saja, IKN sudah mulai menggerakkan perekonomian warga setempat. 

3. Pembangunan IKN Nusantara menjadi prioritas pemerintah

Lokasi IKN Nusantara yang Jadi Destinasi Wisata Warga KaltimPresiden Jokowi saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Presiden Joko "Jokowi" memperioritaskan pembangunan IKN Nusantara sebagai masa depan Indonesia ke depan. DPR RI sudah mengesahkan Undang-Undang IKN Nusantara sebagai dasar hukum pembangunan ibu kota baru di Kaltim. 

Aturan teknis Peraturan Pemerintah pun sudah disahkan hingga turunannya di tingkat kementerian. Kepala Otorita IKN sudah ditunjuk sebagai kepanjangan tangan pemerintah di lapangan. 

Baca Juga: Gubernur Isran Noor: Masyarakat Kaltim Terima Kasih

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya