Comscore Tracker

Menhan Prabowo Serahkan 2 Ribu Motor Trail untuk Babinsa di Kalimantan

Tiga provinsi di Kalimantan menerima bantuan

Samarinda, IDN Times - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto secara simbolis menyerahkan sebanyak 2 ribu sepeda motor trail kepada 2 ribu bintara pembina desa (babinsa) di tiga provinsi, yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan.

"Saat penyerahan fasilitas sepeda motor tadi, saya memberikan penekanan kepada mereka (babinsa), yakni harus terus melanjutkan tradisi yang baik dalam bermasyarakat, seperti yang sudah dilakukan selama ini," ujar Prabowo dilaporkan Antara, Sabtu (11/3/2023). 

1. Ribuan sepeda motor trail diserahkan bertahap

Menhan Prabowo Serahkan 2 Ribu Motor Trail untuk Babinsa di KalimantanKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) bersama relawan Jokowi Mania memberikan keterangan usai pertemuan di Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (16/2/2023). ANTARA FOTO/Fauzan/rwa

Sebanyak 2 ribu sepeda motor trail tersebut akan diserahkan secara bertahap, sedangkan yang sudah diserahkan secara langsung pada Sabtu sebanyak 140 unit dengan merek Honda CRF150cc terdiri atas 120 unit untuk 120 babinsa dan 20 unit lainnya untuk Koramil 901 Samarinda Seberang.

Penyerahan sepeda motor sekaligus pengarahan untuk babinsa berlangsung di Gedung Plenary Convention Hall, Kompleks Stadion Sempaja Samarinda, Kalimantan Timur.

Dalam pengarahan kepada babinsa, ia mengatakan bahwa mereka selama ini merupakan bagian dari tradisi baik bagi rakyat, yakni selalu menjaga hubungan baik sehingga mereka diingatkan untuk selalu membantu menjaga kepercayaan rakyat kepada TNI.

Baca Juga: Polresta Samarinda Tangkap Guru Ponpes yang Aniaya Tiga Santri

2. Pengabdian babinsa kepada masyarakat

Menhan Prabowo Serahkan 2 Ribu Motor Trail untuk Babinsa di Kalimantankodam_im

Prabowo mengaku salut atas pengabdian babinsa selama ini, termasuk aksi Kopral Kepala (Kopka) Azmiadi yang viral di berbagai pemberitaan dan media sosial, karena Azmiadi bersedia menggadaikan sepeda motor untuk membantu masyarakat di Kelurahan Sungai Dama, Kota Samarinda, guna mengurai kemacetan.

Babinsa yang ikhlas menggadaikan motor untuk membantu kelancaran lalu lintas, katanya, merupakan pengorbanan prajurit yang patut dihargai. Hal semacam ini yang harus dilakukan, yakni rela berkorban untuk kepentingan rakyat.

3. Komitmen pemerintah pada sektor pertahanan negara

Menhan Prabowo Serahkan 2 Ribu Motor Trail untuk Babinsa di KalimantanIlustrasi anggota TNI Babinsa Kodim 0913/PPU (IDN Times/Ervan)

Prabowo mengatakan Presiden Joko Widodo telah berkomitmen pada sektor pertahanan negara sehingga presiden mendukung pemenuhan standar kekuatan pokok minimum. Rencana strategis 2020-2024 bidang pertahanan akan dipenuhi sesuai dengan anggaran negara.

"Kepada para prajurit, tadi saya menyampaikan tentang sejumlah rencana besar ke depan, bagaimana membangun kekuatan untuk menjaga kedaulatan dan kemakmuran kita agar sumber daya kita dikelola bangsa sendiri untuk kemakmuran rakyat," katanya.

Baca Juga: Pemkot Samarinda Menutup THM, Spa, dan Tempat Hiburan selama Ramadan 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya