Menteri Zulkifli Hasan Borong Bahan Pokok saat Kunjungan di Samarinda

Memantau harga bahan pangan di Kaltim

Samarinda, IDN Times - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memborong sejumlah bahan kebutuhan pokok seperti telur ayam ras, ayam ras, dan cabai tiung di Pasar Merdekar Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (31/8/2022). Zulkifli memantau harga bahan pangan selama kunjungan kerja di Samarinda.

"Berapa harga telur ini bu," tanyanya saat pertama kali masuk kios pasar dan langsung singgah di kios telur ayam ras seperti diberitakan Antara. 

1. Menteri Zulkifli memborong bahan pangan

Menteri Zulkifli Hasan Borong Bahan Pokok saat Kunjungan di SamarindaMenteri Perdagangan Zulkifli Hasan perdana turun ke pasar pada Kamis (16/6/2022). (IDN Times/Hafit Yudi Suprobo)

Mendengar pertanyaan itu, ibu penjual telur langsung menyebut harga telur ayam ras yang ia jual adalah Rp65 ribu per rak. Zulkifli kemudian membeli telur tersebut sebanyak enam rak.

Dalam kunjungan ke pasar tradisional tersebut, Zulkifli didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor, Wali Kota Samarinda Andi Harun, Kepala Bank Indonesia Provinsi Kaltim Ricky Perdana Gozali, dan sejumlah pejabat terkait baik di lingkungan Pemprov Kaltim maupun Pemkot Samarinda.

Baca Juga: Wali Kota Samarinda Bantah Soal Pemotongan Insentif Guru Honorer

2. Pedagang pasar makin gaduh saat ada rombongan menteri

Menteri Zulkifli Hasan Borong Bahan Pokok saat Kunjungan di SamarindaMenteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan alias Zulhas yang berkunjung ke Lampung menemukan bahwa pabrik-pabrik kelapa sawit (PKS) masih membeli TBS kelapa sawit di petani di bawah Rp1.600/kg. (dok. Kemendag)

Suasana pasar begitu padat ketika menteri dan rombongan mengunjungi kios, bahkan sejumlah ibu ada yang minta swafoto dengan menteri, di kios lain dengan gubernur, dan di kios yang lain lagi minta swafoto dengan wali kota.

Menteri dan rombongan kemudian berdialog dengan pedagang dan mengunjungi kios ayam ras untuk membeli berapa ekor ayam. Zulkifli kembali berhenti di kios sayur mayur yang menjual cabai tiung. Di kios ini, ia membeli 4 kilogram cabai tiung dengan harga Rp50 ribu per kilogram.

3. Operasi pasar minyak goreng curah di Samarinda

Menteri Zulkifli Hasan Borong Bahan Pokok saat Kunjungan di Samarindailustrasi minyak goreng curah (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Zulkifli kemudian menuju tempat parkir yang digunakan sebagai operasi pasar murah, terutama minyak goreng curah yang dikemas dalam botol plastik per 2 liter dengan harga Rp24 ribu per botol atau Rp12 ribu per liter.

Di lokasi ini, Zulkifli menyapa ibu-ibu yang sedang mengantre minyak goreng dan menanyakan berapa harga per liter. Para pengantre hanya boleh membeli maksimal dua botol atau 4 liter per orang.

Saat ditemui wartawan setelah keliling pasar,  Zulkifli mengatakan harga sejumlah kebutuhan pokok seperti cabai yang naik saat ini, masih dalam batas kewajaran karena persediaan yang menurun akibat sejumlah daerah penghasil mengalami gagal panen.

Baca Juga: Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Mendarat di Bandara Samarinda 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya