Mrs X Dalam Karung, Polisi Kukar Menunggu Laporan Orang Hilang

Identitas korban belum diketahui

Balikpapan, IDN Times - Sesosok jasad berjenis kelamin perempuan ditemukan oleh warga di tengah kebun aren milik warga yang berada di kawasan Loa Duri Ilir, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim). Mayat tak dikenal tersebut pertama kali ditemukan warga, Selasa (10/8/2021) pukul 07.15 Wita.

Kapolsek Loa Janan Iptu Aksaruddin Adam, menuturkan, bahwa penemuan mayat tersebut dapat diketahui warga dari bau busuk yang menyengat.

"Sebenarnya sudah dari kemarin itu tercium bau busuk. Tetapi karena makin menyengat, akhirnya dicari tahu ternyata ada mayat," ujar Aksar, saat dihubungi IDN Times melalui sambungan telepon.

1. Identitas Mrs X belum diketahui

Mrs X Dalam Karung, Polisi Kukar Menunggu Laporan Orang HilangProses evakuasi jenazah perempuan dalam karung di Kutai Kartanegara Kalimantan Timur, Selasa (10/8/2021). Foto istimewa

Sejauh ini, Aksar memastikan, bahwa pihaknya belum menerima adanya laporan orang hilang dari pihak keluarga mana pun. Dirinya menegaskan, pihaknya masih dalam penelusuran terkait identitas korban.

"Untuk saat ini masih kita selidiki," ucap dia.

Sementara ini, polisi masih menamai korban dengan sebutan Mrs X dalam memudahkan proses penyelidikan. Karena ada kemungkinan, jika bukan penduduk lokal bisa saja korban adalah orang luar yang sengaja dibuang di kawasan Kukar.

"Tim kami masih bekerja, bersama dengan tim dari Polres Kukar," tukasnya.

Lebih lanjut, Aksar meminta warga untuk melapor bila merasa kehilangan saudara atau kenalan berjenis kelamin dalam tiga minggu terakhir. Polisi akan berusaha mencocokkan laporan orang hilang dengan data temuan mayat ini. 

Baca Juga: Sadis, Mayat Wanita Ditemukan Membusuk dalam Karung di Kukar 

2. Ada dugaan kuat kasus tindak pidana

Mrs X Dalam Karung, Polisi Kukar Menunggu Laporan Orang HilangProses evakuasi jenazah perempuan dalam karung di Kutai Kartanegara Kalimantan Timur, Selasa (10/8/2021). Foto istimewa

Seperti yang disampaikannya, bahwa korban ditemukan di area kebun warga yang jaraknya sekitar 25 meter dari badan jalan kawasan Loa Duri. Saat dilakukan pemeriksaan pada tubuh korban, dugaan bahwa mungkin saja Mrs X adalah korban dari tindak kejahatan.

Hal itu dilihat dari penemuan jasad ini yang ditemukan terbungkus dalam karung. Namun, Aksar tak ingin berspekulasi lebih jauh terlebih dahulu.

"Untuk saat ini kami menunggu dulu hasil pemeriksaan dari RSUD AW Sjahrani untuk memastikan penyebab kematiannya," jelasnya.

Namun, dirinya meneruskan, secara kasat mata memang tak ada ditemukan luka terbuka di tubuh korban, kecuali fakta bahwa korban sudah berada di hutan tersebut lebih dari 3 minggu.

"Tidak ada luka menganga, karena sudah pembusukan. Perkiraan sudah 3 minggu karena kepalanya sudah tinggal tengkorak," terang dia.

3. Polisi masih menyelidiki penemuan kasus mayat dalam karung

Mrs X Dalam Karung, Polisi Kukar Menunggu Laporan Orang HilangIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Seperti diketahui, penemuan jasad ini  mengejutkan warga. Setelahnya, warga langsung menghubungi pihak kepolisian agar dapat menindaklanjuti penemuan jasad ini.

Setibanya polisi di TKP, polisi langsung melakukan pemeriksaan pada mayat perempuan yang terbungkus dalam sebuah karung itu. Aksar menuturkan, dari hasil penyelidikan pihaknya, tak ada ditemukan identitas apa pun pada tubuh korban, kecuali pakaian daster, kalung dan gelang hitam.

"Kami masih menyebutnya Mrs. X karena tak ada identitas apapun yang dikantongi korban," kata dia.

Untuk saat ini, pihak kepolisian masih berpegang pada benda korban untuk mencari tahu siapa sebenarnya sosok wanita ini.

Baca Juga: Kutai Kartanegara Masih Jadi Episentrum Penyebaran COVID-19 di Kaltim

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya