Sadis, Mayat Wanita Ditemukan Membusuk Dalam Karung di Kukar 

Belum diketahui identitas korban

Kutai Kartanegara, IDNTimes - Warga Kelurahan Loa Duri Ilir Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim) geger atas penemuan mayat berjenis kelamin perempuan tanpa identitas di salah satu kebun pohon aren milik warga, Selasa (10/8/2021) pukul 07.00 Wita. 

Tragisnya, mayat ditemukan di dalam karung dengan kondisi sudah membusuk hingga bagian tulangnya pun terlihat. 

“Untuk sementara kita tidak ada tanda kekerasan di tubuh korban, namun kami masih menunggu hasil pemeriksaan visum dari rumah sakit. Tapi melihat kondisi mayat ditemukan berada di dalam karung, dugaan sementara merupakan korban pembunuhan," kata Kapolsek Loa Janan Iptu Aksarudin Adam saat dihubungi, Selasa (10/8/2021). 

1. Dua hari sebelum ditemukan sudah tercium aroma tak sedap

Sadis, Mayat Wanita Ditemukan Membusuk Dalam Karung di Kukar Proses evakuasi jenazah perempuan dalam karung di Kutai Kartanegara Kalimantan Timur, Selasa (10/8/2021). Foto istimewa

Seorang saksi penemu mayat bernama Yohanes (52) mengaku secara tidak sengaja menemukan jasad perempuan malang ini. Di pagi itu, ia sedang memanjat pohon untuk memanen getah aren milik rekannya. 

Saat itu, Yohanes mencium aroma yang sangat menyengat di sekitar area kebun. 

Dua hari sebelumnya, ia juga sudah merasakan aroma busuk di tempat sama. Namun kali ini baunya jauh lebih menusuk, hingga ia pun memutuskan mencari asal-usul bau dan menemukan karung berisi jasad manusia. 

"Sebenarnya dua hari sebelum saya menemukan mayat itu, sudah mencium adanya bau busuk, tapi saat tadi pagi bau itu semakin menyengat, pas saya cek ada karung dan saya lihat ternyata di dalamnya ada mayat," jelas Yohanes.

Lantaran tak berani mengecek sendirian, Yohanes pun melaporkan temuannya itu kepada pemilik kebun dan diteruskan ke Polsek Loa Janan Kukar.

Baca Juga: Ibu Kota Baru, Ini 5 Hotel di Kutai Kartanegara yang Nyaman 

2. Mayat wanita tanpa identitas sehingga sulit dikenali

Sadis, Mayat Wanita Ditemukan Membusuk Dalam Karung di Kukar Proses evakuasi jenazah perempuan dalam karung di Kutai Kartanegara Kalimantan Timur, Selasa (10/8/2021). Foto istimewa

Jajaran Polsek Loa Janan yang mendapatkan informasi tersebut kemudian bergegas mendatangi lokasi temuan itu dan mengevakuasi korban. Saat bersamaan pula, personel reskrim juga melakukan gelar tempat kejadian perkara tahap awal. 

"Dari pemeriksaan awal kita tidak menemukan identitas korban atau ciri-ciri yang dapat dikenali lantaran kondisi wajah dan tubuh telah sebagian menjadi tulang.  Namun untuk jenis kelamin dapat dipastikan korban perempuan," ucap Aksarudin Adam.

Sementara ini, Adam menyatakan, penyidik di lapangan belum menemukan adanya unsur-unsur kekerasan terlihat di tubuh korban. Namun bila melihat kondisi jenazah di dalam karung, ia menduga kuat adanya unsur pembunuhan. 

3. Korban diperkirakan telah meninggal 3 minggu lalu

Sadis, Mayat Wanita Ditemukan Membusuk Dalam Karung di Kukar Ilustrasi pembunuhan (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut, Adam memperkirakan mayat perempuan itu berusia 20 hingga 30 tahun, itu di dapat dari pemeriksaan bentuk gigi korban. Selain itu polisi juga memperkirakan mayat tersebut sudah berada di kebun sejak 3 minggu lalu.

Sembari menunggu hasil visum, saat ini pihak kepolisian masih terus melakukan pemeriksaan kepada para saksi-saksi dan warga sekitar kejadian perkara.

"Kami juga masih menunggu laporan dari masyarakat yang merasa kehilangan anggota keluarganya agar dapat melaporkan ke pihak kami," tegasnya. 

Baca Juga: Kutai Kartanegara Masih Jadi Episentrum Penyebaran COVID-19 di Kaltim

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya