OIKN Undang Finlandia Ikut Berpartisipasi dalam Pembangunan Nusantara

Memiliki trademark negara paling bahagia dunia

Jakarta, IDN Times - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengajak Finlandia untuk berpartisipasi dalam pembangunan Ibukota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

“Nusantara akan dibangun sebagai kota yang berfokus pada happiness dan well-being dari masyarakatnya. Kami menyambut kerja sama dengan Finlandia yang memiliki trademark sebagai negara paling bahagia di dunia,” ujar Kepala OIKN Bambang Susantono dilaporkan Antara di Jakarta, Rabu (21/6/2023).

1. OIKN menyambut baik kolaborasi dengan Finlandia

OIKN Undang Finlandia Ikut Berpartisipasi dalam Pembangunan NusantaraDanrem 091/ASN, Brigjen TNI Dendi Suryadi saat mendapatkan paparan pembangunan IKN Nusantara dari perwakilan Kemen PUPR RI di titik nol IKN (IDN Times/Ervan)

Bambang menyambut baik kolaborasi pembangunan Kota Nusantara sebagai smart sustainable forest city, yang menjadi paradigma baru dalam pembangunan kota. OIKN bersama Business Finland mengadakan virtual business forum terkait pengembangan Nusantara (IKN) sebagai kota cerdas.

Forum itu dihadiri oleh perusahaan, pemerintah kota, dan perwakilan kementerian asal Finlandia, secara daring.

Baca Juga: Otorita IKN Tegaskan Penyediaan Tanah di IKN Tak Mandek

2. Finlandia memberikan respons positif dalam pembangunan Nusantara

OIKN Undang Finlandia Ikut Berpartisipasi dalam Pembangunan NusantaraUnsplash.com/NiiloIsotalo

Under-secretary of state, Ministry of Economic Affairs and Employment Finlandia Petri Peltonen mengatakan bahwa pemerintah Finalndia mempunyai komitmen untuk bekerja sama antara Finlandia dengan Nusantara.

“Kami ingin menghubungkan perusahaan Finlandia dengan peluang partisipasi dalam dibukanya proyek ibu kota negara baru kelas dunia,” ujar Petri Peltonen.

3. Pembahasan IKN antara Indonesia dan Finlandia

OIKN Undang Finlandia Ikut Berpartisipasi dalam Pembangunan NusantaraKaban Otorita IKN Nusantara, Bambang Susantono sebagai Irup Upacara HUT RI di titik nol IKN (IDN Times/Ervan)

Forum tersebut juga dilanjutkan dengan pembahasan Antar Pemerintah (G2G), yakni OIKN, Ministry of Foreign Affairs Finlandia, Ministry of Economic Affairs and Employment Finlandia, Duta Besar RI untuk Finlandia, dan Duta Besar Finlandia untuk RI.

Forum tersebut dihadiri perwakilan dari Kota Tampere, Kota Espoo, Smart City Innovation Clusters, beserta perwakilan dari perusahaan, di antaranya Nokia, Wärtsilä, Kone, Helvar, dan Sitowise.

Baca Juga: Soal Tarif Air, PDAM Serahkan Keputusan pada Pemkab PPU

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya