Comscore Tracker

Pantau Banjir Malinau, Gubernur Kaltara Carter Pesawat Sewaan

Tinjau lokasi yang terputus akses transportasi darat

Balikpapan, IDN Times - Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal Arifin Paliwang meninjau langsung kondisi banjir di Kabupaten Malinau, Senin (17/5/2021). Bersama Wakil Gubernur (Wagub) Yansen TP dan organisasi perangkat daerah (OPD) memantau titik lokasi banjir Malinau dengan mencarter pesawat sewaan. 

Rombongan gubernur bertolak dari Bulungan menuju Malinau yang memakan waktu sekitar 30 menit. Dari udara, gubernur bisa secara luas memantau genangan banjir yang masih tersisa selama dua hari ini. 

"Alhamdulillah musibah kali ini tidak ada korban jiwa, namun kerugian secara materiil tentu ada apalagi ada rumah warga yang hanyut," kata Zainal usai dari tinjauannya. 

1. Para korban banjir didata untuk memperoleh bantuan

Pantau Banjir Malinau, Gubernur Kaltara Carter Pesawat SewaanGubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang di lokasi banjir Malinau, Senin (17/5/2021). Foto istimewa

Selepas memantau dari udara, rombongan Gubernur Kaltara pun langsung mengunjungi para korban banjir Malinau. Ia ingin memastikan, warga memperoleh pertolongan maksimal dari aparat lapangan. 

Termasuk di antara warga yang rumahnya hanyut terbawa arus banjir. 

Zainal berjanji berkoordinasi dengan Bupati Malinau dalam pendataan para korban banjir. Pendataan warga nantinya berkaitan dengan bantuan sudah disiapkan pemerintah daerah. 

"Termaksud warga-warga yang telah mengungsi akan didata, untuk selanjutnya diberikan bantuan," tegasnya.

Baca Juga: Banjir di Malinau, Evakuasi Warga Masih Jadi Prioritas Aparat

2. Rombongan Gubernur Kaltara bagikan sembako

Pantau Banjir Malinau, Gubernur Kaltara Carter Pesawat SewaanGubernur Zainal dan Bupati Malinau Wempi meninjau Desa Pulau Sapi, Kec Mantarang salah satu desa terdampak banjir, Senin (17/5/2021). foto istimewa

Selain memantau langsung kondisi banjir di Malinau, dalam kunjungan kali ini Gubernur Zainal dan Wagub Yansen TP turut memberikan bantuan kepada korban banjir.

Rombongan Gubernur Kaltara menyiapkan pelbagai kebutuhan bahan pokok masyarakat. 

"Bantuan tahap awal yang kita salurkan ini berupa kebutuhan bahan pokok, Insya Allah dalam waktu dekat bantuan lainnya akan menyusul," paparnya. 

3. Evakuasi korban banjir masih terus dilakukan

Pantau Banjir Malinau, Gubernur Kaltara Carter Pesawat SewaanBencana banjir di Malinau Kalimantan Utara, Minggu (16/5/2021). Foto istimewa

Aparat masih fokus dalam mengevakuasi korban bencana banjir di Malinau. Batalyon Pelopor A Satuan Brimob Polda Kaltara mengerahkan personel membantu evakuasi warga.

Komandan Kompi IV Batalyon Pelopor A Sat Brimob Polda Kaltara, Iptu Muh Nur Sugiharto mengatakan, mereka terus bekerja dalam proses evakuasi warga terdampak banjir.

"Polri bersama TNI dan pihak lainnya masih membantu warga, untuk melakukan proses evakuasi baik terhadap barang dan orang," ungkap Sugiharto.

Sugiharto memastikan, dalam proses evakuasi kali ini tim gabungan akan bekerja keras untuk membantu masyarakat di Kabupaten Malianu. "Siapa saja yang membutuhkan bantuan untuk evakuasi, dari tim gabungan khususnya Brimob siap membantu," tegasnya.

Banjir kali ini diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi di Malinau. Ditambah lagi, pada waktu bersamaan, terjadinya rob atau air pasang laut, sehingga debit air sungai dari hulu semakin tinggi.

"Kemarin sempat terjadi hujan deras mulai malam hingga dini hari, sehingga banyaknya kiriman air dari hulu yang bercampur air laut pasang mengakibatkan banjir," ungkapnya. 

Baca Juga: Hari Lebaran, 11 Desa di Kaltara Malah Terendam Banjir

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya