Comscore Tracker

Arus Mudik Memasuki Penajam Tembus 7 Ribu Orang

300 warga lakukan pelanggaran

Penajam, IDN Times - Jumlah arus mudik di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) tembus 7 ribu orang. Satuan Tugas (Satgas) Pos Pengetatan Pelabuhan Speed boat dan Klotok mencatatkan total jumlah arus mudik lebaran yang memasuki kota ini. 

"Dari data kami masyarakat yang masuk ke PPU dalam rangka mudik lokal sejak dua hari sebelum lebaran hingga lebaran ketiga mencapai 7 ribu orang, mereka rata-rata ber KTP Kota Balikpapan dan Samarinda. Sedangkan pelaku perjalanan asal luar Kaltim berkisar 15 orang," kata Komandan Pos Pengetatan Pelabuhan Speedboat dan Kelotok Penajam, Pelda Gusti Dian, kepada IDN Times, Senin (17/5/2021). 

1. Hari ini arus balik Capai 700 orang

Arus Mudik Memasuki Penajam Tembus 7 Ribu OrangPemudik dengan kendaraan roda dua saat kembali ke Balikpapan melalui pelabuhan kelotok Penajam (IDN Times/Ervan)

Sementara itu, tambahnya, untuk arus balik mudik dari arah Kota Balikpapan per hari ini,  karena belum tercatat semua namun diperkirakan jumlah di bawah 700 orang. Mereka dalam keperluan berkunjung dan menginap di PPU. 

"Setiap warga ber KTP PPU diwajibkan untuk menunjukkan rapid antigen dengan hasil negatif kepada petugas pos pengetatan, sebagai syarat masuk wilayah PPU. Selain itu juga ada 300 an warga pemudik yang melakukan pelanggaran seperti tidak memiliki rapid antigen atau tidak memiliki identitas diri, sehingga mereka ada kembali ke Balikpapan atau melaksanakan rapid antigen," tegasnya.

Ia menghimbau, agar masyarakat mematuhi peraturan yang telah diterapkan sebagaimana surat edaran dari Satgas Penanganan COVID-19 Nasional, surat edaran Gubernur Kaltim, dan Bupati PPU. 

Baca Juga: Ratusan Pemudik Tetap Nekat Masuk ke Wilayah Penajam Paser Utara 

2. Terjadi peningkatan pemudik pengguna kendaraan bermotor roda dua dan pejalan kaki

Arus Mudik Memasuki Penajam Tembus 7 Ribu OrangPemudik dengan kendaraan bermotor di pelabuhan kelotok Penajam (IDN Times/Ervan)

Terpisah Komandan Pos Pengetatan Pelabuhan Feri Penajam Aipda Supriadi mengucapkan, terjadi peningkatan jumlah kendaraan bermotor roda dua saat arus balik mudik lebaran melalui kapal feri. Tercatat sebanyak kurang lebih 750 kendaraan dan 200 orang pemudik tanpa kendaraan bermotor atau pejalan kaki. 

"Terdapat peningkatan pemudik pengguna kendaraan bermotor roda dua, termasuk juga pemudik pejalan kaki, sedangkan kendaraan bermotor roda empat tidak terlihat ada lonjakan sebanyak 250 kendaraan saja atau hampir sama seperti hari biasa," sebutnya.

3. Dari 20 warga di rapid antigen hasilnya negatif

Arus Mudik Memasuki Penajam Tembus 7 Ribu OrangSeorang warga yang di Rapid Antigen oleh petugas di Pos Pengetatan Pelabuhan Feri (IDN Times/Ervan)

Ditambahkannya, hari ini juga dilakukan rapid antigen secara gratis sebanyak 20 unit untuk diberikan kepada masyarakat yang masuk PPU melalui pos pengetatan yang ada. Tes tersebut diambil secara acak dan hasilnya cukup baik. 

"Hasil tes rapid antigen sebanyak 20 sampel tersebut telah dilaksanakan, hasilnya tidak ditemukan ada masyarakat positif atau semua negatif COVID-19. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah ini sebagai bentuk memutuskan rantai pandemik COVID-19," pungkasnya.

4. Harusnya rapid antigen gratis dilaksanakan awal hari pertama mudik

Arus Mudik Memasuki Penajam Tembus 7 Ribu OrangSeorang warga yang di Rapid Antigen oleh petugas di Pos Pengetatan Pelabuhan Feri (IDN Times/Ervan)

Seorang warga Penajam, Hasnul kepada IDN Times mengatakan, pelaksanaan tes rapid antigen gratis dilaksanakan pada hari pertama mudik lebaran. 

“Harusnya rapid antigen dilakukan pada saat ramai-ramainya masyarakat yang masuk PPU, agar diketahui mereka bebas COVID-19 atau tidak, jangan sampai nanti muncul klaster lebaran di PPU,” imbuhnya.

Baca Juga: Hari Pertama Lebaran, Jumlah Pemudik Ke Penajam Paser Utara Membludak

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya