Pela di Kukar Masuk dalam Anugerah Desa Wisata di Indonesia

Gubernur Kaltim meminta warga mendukung pengembangannya

Samarinda, IDN Times - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor meminta seluruh pihak di Benua Etam untuk turut serta mendukung pengembangan wisata desa tersebut. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memasukkan Desa Pela di Kecamatan Kota Bangun Kutai Kartanegara masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. 

“Jadi, potensi ini harus betul-betul dimanfaatkan dengan baik. Kita punya potensi yang luar biasa, untuk itu wajib semua pihak mendukung pengembangan wisata di daerah ini,” katanya dalam akun Instagram Pemprov Kaltim baru-baru ini.

1. Menjadi rujukan wisata di Kaltim

Selain itu, masuknya potensi wisata tiga danau di Kutai Kartanegara secara nasional menjadi rujukan wisatawan nusantara dan mancanegara untuk berkunjung ke Kaltim. Juga prestasi yang telah dicapai, diharapkan Desa Wisata Pela ini semakin berdaya saing, terintegrasi dan berkelanjutan.

Sehingga ekonomi masyarakat setempat terus meningkat.

Kaltim memang memiliki wisata Kepulauan Maratua maupun Derawan. Tetapi, Wisata Desa Pela, sambungnya juga tetap menjadi perhatian bersama.

Karena itu, dia meminta, agar seluruh pihak mendukung pengembangan potensi wisata Desa Pela. Misal, mendukung akses transportasi, infrastruktur hingga air bersih serta komunikasi internet.

Baca Juga: Edarkan Sabu Seberat 1 Kg di Samarinda, Warga Makassar Dibekuk Polisi

2. Trip perjalanan ke danau wisata di Kutai Kartanegara

Pela di Kukar Masuk dalam Anugerah Desa Wisata di IndonesiaDanau Semayang (instagram.com/ab.hakim)

Sementara, diketahui, untuk trip perjalanan berwisata di tiga danau, dimulai dari Danau Semayang, Melintang dan Jempang. Artinya, trip perjalanannya, mulai dari Desa Pela, kemudian masuk Danau Semayang.

Berlanjut hari kedua ke Danau Melintang sembari melihat keindahan ekosistem Pesut dan juga melihat Kerbau Kalang di daratan hingga masuk ke Muara Muntai baru ke Danau Jempang.

3. Danau Melintang yang menarik wisatawan

Pela di Kukar Masuk dalam Anugerah Desa Wisata di IndonesiaDanau Melintang (instagram.com/aldiriandana)

Di Danau Melintang ini sangat menarik wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk berkunjung. Karena, wisatawan akan disuguhkan pemandangan indah, di mana kehidupan penduduk yang hidup di atas permukaan air.

Maksudnya adalah rumah penduduk Danau Melintang berada di atas danau.

“Sehingga sangat disayangkan apabila dilewatkan ketika berkunjung ke Kaltim,” ungkapnya. 

Baca Juga: Si Kerja Samarinda Mulai Aktif, Fitur Mudah dengan Penjelasan Lengkap

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya