Pemancing di Paser Tewas Diterkam Buaya Muara Ganas

Korban ditemukan kondisi tewas

Paser, IDN Times - Seorang warga Desa Tabru Paser Damai Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser Kalimantan Timur (Kaltim) tewas diterkam buaya saat sedang menjala udang di Sungai Lunu. 

"Saat ditemukan tim pencari, korban dalam kondisi meninggal dunia," kata Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta melalui Kapolsek Batu Engau AKP Andi Bagus Wicaksono diberitakan Antara, Senin (4/9/2023).

1. Korban sedang menjala ikan di Sungai Lunu

Pemancing di Paser Tewas Diterkam Buaya Muara GanasIlustrasi. Induk Buaya Muara saat menjaga sarangnya di kawasan hutan Mangrove Nagari Tiku V Jorong, Kabupaten Agam. IDN Times/Andri NH

Peristiwa nahas ini bermula ketika korban Us (30) bersama temannya hendak menjala udang di Sungai Lunu pada Minggu (3/9/2023) sekitar pukul 16.00 Wita. "Pada saat korban membelakangi sungai tiba-tiba kaki korban diterkam buaya dan menarik tubuh korban ke dalam sungai," terang Andi Bagus.

Melihat kejadian itu, teman korban berteriak minta pertolongan, namun tidak ada warga yang mendengar teriakannya. Teman korban lalu mencari pertolongan dan melaporkan ke Polsek Batu Engau. 

Baca Juga: Tiga Pria Iseng di Paser Merusak Dua Motor Warga

2. BPBD Kabupaten Paser menemukan tubuh korban dalam kondisi tewas

Pemancing di Paser Tewas Diterkam Buaya Muara GanasIlustrasi buaya muara ganas di Kalimantan. Jumat (16/6/2023). (IDN Times/Sri.Wibisono)

Menindaklanjuti laporan teman korban, personel Polsek Batu Engau bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Paser melakukan pencarian namun tidak ditemukan.

Keesokan harinya pada Senin (4/9/2023) tim melanjutkan pencarian dan sekitar pukul 07.45 Wita korban berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. "Korban ditemukan sekitar 400 meter dari lokasi kejadian dengan kondisi sebagian anggota tubuh tidak lengkap," ungkap Andi. 

3. Masyarakat diminta hati-hati menghadapi buaya muara

Pemancing di Paser Tewas Diterkam Buaya Muara GanasIlustrasi buaya muara (IDN Times/Andri NH)

Menanggapi peristiwa ini, Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dalam situasi apa pun.

"Selalu waspada karena bahaya dapat timbul di mana saja dan kapan saja," pesannya.

Seperti diketahui, Kalimantan banyak terdapat buaya jenis muara yang ganas serta kerap menyerang manusia. 

Baca Juga: 20 Hektare Lahan di Penajam Paser Utara Kaltim Ludes Terbakar

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya