Pemprov Kaltim akan Bantu Pembangunan Infrastruktur di Samarinda

Infrastrukrur jalan, drainase, dan median jalan

Samarinda, IDN Times - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) selama kepemimpinan Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi tetap memberikan perhatian kepada Kota Samarinda. Utamanya, perhatian dalam pengembangan dan pembangunan infrastruktur jalan maupun drainase.

Bahkan, normalisasi Sungai Karang Mumus (SKM) pun juga menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Kaltim. Gubernur Kaltim Isran Noor baru-baru ini menjelaskan bentuk perhatian tahun ini dialokasikan belanja Bantuan Keuangan Kota Samarinda mencapai kurang lebih Rp354 miliar.

"Angka ini lebih besar dari daerah lainnya," ungkap Gubernur Isran Noor dalam akun Instagram Pemprov Kaltim.

1. Komitmen Pemprov Kaltim untuk semua kota/kabupaten

Bantuan keuangan ini, sambungnya, sudah bagian komitmen Pemerintah Provinsi Kaltim untuk semua daerah di Benua Etam. Sesuai laporan sejumlah perangkat daerah diakuinya, terutama beberapa bantuan keuangan itu dialokasikan untuk tujuan pengembangan pembangunan Kota Samarinda.

“Salah satunya dengan tujuan membangun peningkatan jalan se Kota Samarinda atau tersebar di sejumlah ruas jalan di Samarinda. Kemudian rehabilitasi trotoar dan median jalan. Itu contohnya,” jelas Gubernur Isran Noor baru-baru ini.

Dengan dukungan ini, menurut dia, kebutuhan dasar masyarakat dapat terpenuhi. Harapannya, ke depan penataan infrastruktur di Kota Tepian semakin bagus dan nyaman.

Baca Juga: Penanganan Inflasi di Samarinda selama Ramadan Terkendali

2. Perhatian Gubernur Kaltim kepada warga Samarinda

Pemprov Kaltim akan Bantu Pembangunan Infrastruktur di SamarindaJembatan Gang Nibung, di Jalan dr Soetomo sempadan Sungai Karang Mumus (IDN Times/Yuda Almerio)

Prinsipnya bantuan keuangan yang berikan Pemprov Kaltim ke Kota Samarinda sebagai bentuk perhatian dan kepedulian Gubernur dan Wagub kepada masyarakat Samarinda. Khususnya menunjang kebutuhan dasar berupa infrastruktur jalan, drainase maupun pengembangan atau penataan SKM.

Gubernur Isran menjelaskan, sesuai asistensi yang telah dilakukan, kurang lebih 74 paket pelaksanaan untuk Bankeu Kota Samarinda yang akan dilaksanakan, baik spesifik maupun non spesifik.

“Mudah-mudahan semua bisa tuntas tahun ini. Yang jelas, tetap dibantu,” pesannya.

3. Bankeu Kota Samarinda tahun 2023

Kepala Biro Adbang Setda Provinsi Kaltim Irhamsyah menjelaskan, Bankeu Kota Samarinda Tahun Anggaran 2023 diharapkan sebesar-besarnya memberi manfaat bagi masyarakat di ibu kota provinsi ini.

Sejumlah pembangunan yang akan dilaksanakan melalui Bankeu tersebut, yakni pembangunan saluran drainase Simpang Empat Sempaja Segmen Jalan Wahid Hasyim 1, senilai Rp6,3 miliar. Kemudian peningkatan jalan se Kota Samarinda (tersebar di sejumlah titik di Samarinda) sebesar Rp2,5 miliar.

Rehabilitasi trotoar dan median jalan se Kota Samarinda sebesar Rp5 miliar dan penurapan Sungai Karang Mumus segmen Jalan Dr Sutomo senilai Rp5 miliar.

“Ini sebagian bantuan yang diberikan Pemprov Kaltim kepada Kota Samarinda, semoga masyarakat dapat mengetahuinya. Artinya, sesuai asistensi ada 74 paket pelaksanaan tersebar sesuai Surat Pemkot Samarinda oleh Wali Kota Samarinda,” jelasnya.

Baca Juga: Bulog Samarinda Gelar 24 Kali Pasar Murah guna Menekan Inflasi

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya