Pemprov Kaltim Alokasikan Beasiswa Sebesar Rp300 Miliar

Besarannya meningkat Rp155 miliar

Samarinda, IDN Times - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor menegaskan beasiswa tahun 2022 akan bertambah jumlahnya menjadi Rp300 miliar. Dari jumlah sebelumnya Rp155 miliar yang telah dialokasikan pada APBD murni 2022.

“Tahun ini kita akan tambah Beasiswa Kaltim Tuntas itu menjadi Rp300 miliar. Jadi dari Rp155 miliar, kita tambah lagi Rp150 miliar lagi,” tegas Isran Noor dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Senin (12/9/2022). 

1. Para penerima dana beasiswa akan meningkat

Terkait penambahan anggaran untuk Beasiswa Kaltim, Isran Noor menyebut secara otomatis akan menambah jumlah penerima, khususnya untuk kategori beasiswa tuntas.

“Jadi bagi mahasiswa yang sudah apply atau melamar, tidak perlu lagi mengajukan permohonan baru, nanti yang di bawah nilainya akan otomatis tertarik ke atas. Jadi sekitar 3.300 orang tambahan akan menerima beasiswa tuntas di tahun 2022 ini,” sebut Isran.

Gubernur Isran Noor memastikan bahwa pada tahun 2023 mendatang alokasi anggaran untuk Beasiswa Kaltim tidak akan berkurang. “Dan tahun depan bukan kurang, akan sama jumlahnya sekitar Rp300 miliar,” jelas Isran.

Baca Juga: Iming-iming Mainan, Seorang Remaja di Samarinda Cabuli Anak 5 Tahun

2. Mahasiswa Kaltim akan memperoleh dana beasiswa

Pemprov Kaltim Alokasikan Beasiswa Sebesar Rp300 MiliarIlustrasi mahasiswa (ANTARA FOTO/Weli Ayu Rejeki)

Dengan kisaran anggaran yang dialokasikan untuk Beasiswa Kaltim 2022 dan 2023 mendatang, Gubernur berharap, sekitar 30-40 persen mahasiswa yang berasal dari Kaltim akan mendapatkan Beasiswa Kaltim Tuntas.

“Jumlah mahasiswa di Kaltim sekitar 153 ribu orang, jadi kalau terisi sekitar 50 ribu orang maka akan dapat 30-40 persen. Jadi itulah kira-kira bayangan bahwa masyarakat dan anak-anak kita harus mendapatkan dukungan yang kuat dalam hal penyelesaian studi mereka, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Yang paling banyak itu Unmul yang dapat, wajar saja karena masa tuan rumah dapat sedikit,” jelas Isran.

3. Akan ada sayembara penulisan tentang IKN bagi mahasiswa

Pemprov Kaltim Alokasikan Beasiswa Sebesar Rp300 MiliarWarga berfoto di lokasi titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/8/2022). ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/hp

Terkait pemindahan dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Bumi Kalimantan Timur, dia meminta dukungan dari seluruh elemen masyarakat, khususnya mahasiswa sebagai generasi penerus pembangunan Kaltim.

“Saya akan melakukan sayembara tulisan tentang IKN untuk 1.000 mahasiswa yang akan mendapatkan Beasiwa Kaltim Tuntas baik dari program S1, S2 dan S3. Dan saya akan berikan hadiah yang menarik. Kalau beasiswa kan sudah dapat, tapi nanti ada hadiahnya yang menarik. Supaya ini kita ingin memberikan informasi yang memadai dan secara ilmiah kepada masyarakat luas, terkait pembangunan IKN,” pungkas Isran Noor.

Baca Juga: Pelari Samarinda Meninggal Dunia saat Lomba Lari Balikpapan Open 10K

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya