Perempuan Kaltim Berbagi Kisah dalam Parade Gender

Mengejar indeks pembangunan manusia perempuan di Kaltim

Samarinda, IDN Times - Sebanyak 18 perempuan Kalimantan Timur (Kaltim) tampil menjadi pembicara dalam acara Parade Gender yang dihelat Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim bekerja sama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN).

“Salah satu tujuan kegiatan ini, mengidentifikasi tantangan dan peluang pengarusutamaan gender dalam kerangka pembangunan hijau di Kaltim,” kata Kepala DKP3A Kaltim Noryani Sorayalita dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Selasa (26/4/2022). 

1. Berbagi pengalaman champion gender

Belasan perempuan Kaltim yang disebut champion gender itu, berbagi kisah dan pengalamannya dalam kepedulian dan aksi nyata mereka dalam bidang lingkungan, yang dilaksanakan secara virtual di ruang Heart of Borneo Kantor Gubernur Kaltim.

Noryani Sorayalita mengatakan, adanya ide menampilkan partisipasi, komitmen dan praktik penggiat pemberdayaan perempuan di Kaltim yang dikenal gender champion, melalui parade gender menjadi tantangan tersendiri.

Baca Juga: Korban Terakhir, Ruko Terbakar di Samarinda Meninggal Dunia 

2. Kesenjangan indeks pembangunan manusia perempuan

Selain itu, untuk memformulasikan langkah langkah strategis yang bisa dilakukan para pihak terkait pengarusutamaan gender di Kaltim.

Soraya menguraikan, masih terdapat kesenjangan kondisi indeks pembangunan manusia (IPM) perempuan di Kaltim di banding laki-laki. IPM perempuan pada 2020 tercatat sebesar 69,69 pada posisi ke 7 dari 34 provinsi di Indonesia.

3. Berbanding terbalik dengan IPM laki-laki

Angka itu berbeda dengan IPM laki laki yang menduduki rangking 3 nasional dengan angka 81,86.

Kondisi itu, menurut dia, perlu menjadi perhatian dan kerja keras para pihak terkait guna meningkatkan capaian indikator pembangunan perempuan di Kaltim. 

Baca Juga: Maskapai Super Jet Resmi Beroperasi di Bandara APT Pranoto Samarinda

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya