Petugas Lapas Samarinda Temukan Sabu di Dalam Sayur Nangka Pengunjung 

Pelaku dijerat dengan pasal narkoba

Samarinda, IDN Times - Petugas pemeriksaan barang titipan dan pendaftaran layanan Lapas Narkotika Samarinda di Kalimantan Timur (Kaltim) kembali  menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu yang dimasukkan ke dalam sayur nangka oleh pengunjung.

"Penyelundupan berhasil digagalkan oleh petugas saat dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan lanjutan terhadap titipan barang," kata Kepala Lapas  Narkotika Kelas II A Samarinda Hidayat diberitakan Antara, Kamis (15/9/2022). 

1. Pemeriksaan barang bawaan pengunjung dilakukan

Petugas Lapas Samarinda Temukan Sabu di Dalam Sayur Nangka Pengunjung Personil Lapas Kelas II A Samarinda lakukan penggeledahan disetiap Blok hunian Lapas (Istimewa)

Hidayat menjelaskan,  petugas menemukan ada sembilan bungkus sabu yang dimasukkan ke dalam sayur nangka yang dibawa oleh salah seorang pengunjung berinisial  MB (26) yang bertempat tinggal di Balikpapan Timur.

Pelaku  MB  pada saat berkunjung ke Lapas terdaftar  nomor antrean A-67 di aplikasi E-Trol yang ditujukan untuk narapidana berinisial AW. Petugas curiga  dan melakukan pemeriksaan barang titipan MB pada pukul 15.06 Wita yang ditujukan untuk AW.

Baca Juga: Samarinda Alokasi Rp16,5 Miliar untuk Warga Terdampak Naiknya BBM

2. Petugas menemukan sembilan paket narkoba

Petugas Lapas Samarinda Temukan Sabu di Dalam Sayur Nangka Pengunjung ilustrasi narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurutnya, dengan pemeriksaan yang teliti dan menyeluruh akhirnya petugas berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sebanyak sembilan bungkus sabu dengan berat kurang lebih 10 gram.

“Berdasarkan hasil temuan tersebut Kalapas Narkotika Samarinda  melaporkan hal itu kepada Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Timur.

Kemudian pihak Lapas Narkotika Samarinda  juga berkoordinasi  dengan pihak Kepolisian Resor Kota Samarinda untuk diproses lebih lanjut.

3. Lapas Narkotika Samarinda

Petugas Lapas Samarinda Temukan Sabu di Dalam Sayur Nangka Pengunjung Kasat Reskrim Polresta Samarinda Kompol Damus Asa (baju putih) saa memberikan keterangan pers didampingi Kapoksek Samarinda Seberang Kompol Suko Widodo (kanan) dan Kasubbag Humas Iptu Eko Widyatmoko (Dok. Humas Polresta Samarinda/Istimewa)

Seperti diketahui, Lapas Narkotika Samarinda khusus diperuntukkan bagi para narapidana kejahatan penyalahgunaan narkoba di Kaltim. Mayoritas penghuninya adalah pelaku narkoba dari sejumlah kota besar di Kaltim dan sekitarnya. 

Petugas lapas beberapa kali menggagalkan upaya penyelundupan narkoba masuk ke dalam sel tahanan. Modusnya bermacam-macam, dari upaya penyelundupan narkoba lewat jalur makanan, para pengunjung, hingga baru-baru ini dengan mempergunakan pesawat drone. 

Polresta Samarinda bahkan sempat membongkar praktik perdagangan narkoba yang dikendalikan salah satu narapidana di lapas Narkotika Samarinda.

Baca Juga: Pengedar Narkoba di Samarinda Ditangkap Polisi saat Transaksi

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya