Polda Kaltim Ajak Mahasiswa Universitas Balikpapan Bijak dalam Medsos

Hati-hati posting di media sosial

Balikpapan, IDN Times - Polda Kalimantan Timur(Kaltim) mengajak mahasiswa di Universitas Balikpapan untuk bijak bermedia sosial (medsos).

"Saya ingatkan kepada 350 mahasiswa baru Universitas Balikpapan  untuk berhati-hati bila posting atau unggah sesuatu ke media sosial," kata Kepala Sub Bidang(Kasubbid) Multimedia Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kaltim, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Qory Kurniawati  dilaporkan Antara di Balikpapan, Senin (28/8/2023).

1. Menggunakan akun terpercaya untuk aktivitas online

Polda Kaltim Ajak Mahasiswa Universitas Balikpapan Bijak dalam MedsosIlustrasi mahasiswa (freepik.com/drobotdean)

Postingan tentang data pribadi seperti nama jelas, nomor telepon, atau alamat, pastikan hanya untuk yang terpercaya atau yang memberikan jaminan. Ini termasuk saat beraktivitas belanja online atau secara daring.

Apalagi ini juga biasanya melibatkan nomor rekening bank atau nomor kartu kredit berikut PIN-nya.

Itu yang pertama. Berikutnya, para mahasiswa, yang hampir seluruhnya punya akun Instagram itu, juga diingatkan untuk tidak menelan mentah-mentah beragam informasi atau pun postingan yang ada di media sosial.

Baca Juga: Empat Rumah di Balikpapan Hangus Terbakar, Satu Orang Ditemukan Tewas

2. Mahasiswa jeli mengkaji dan melihat informasi

Polda Kaltim Ajak Mahasiswa Universitas Balikpapan Bijak dalam MedsosIlustrasi seorang wanita sedang membuat konten untuk media sosial. (Pexels.com/RODNAE Productions)

Mahasiswa harus jeli mengkaji dan melihat informasi. Media sosial juga jadi tempat banyak orang melakukan scam atau penipuan.

"Mahasiswa bisa mengingatkan orangtua, rekan, adik kakak kerabatnya agar berhati-hati di dunia maya,” jelas AKBP Qory.

Seperti yang sedang terjadi dalam dua hari terakhir ini misalnya, di mana di Instagram muncul postingan yang mengatasnamakan PLN meminta pembayaran hal pergantian ID Pelanggan. Padahal tidak ada yang jelas dari postingan tersebut, namun beberapa orang sudah sempat tertipu dengan membayar sesuai jumlah yang diminta.

3. Postingan tentang politik, agama, etnis, dan golongan

Polda Kaltim Ajak Mahasiswa Universitas Balikpapan Bijak dalam Medsosilustrasi hoax (IDN Times/Sukma Shakti)

Belum lagi hal postingan tentang politik, agama, etnis, golongan. Semua harus dibaca dan dipahami dengan baik. Tidak asal klik atau sebarkan. “Singkatnya, bijaksanalah bermedsos,” tegas AKBP Qory.

Kasubbid Multimedia tersebut berbicara di auditorium Putri Karang Melenu di Gedung G Universitas Balikpapan pada Sabtu 26/8 lalu. Acara ini merupakan upaya polisi meningkatkan kesadaran masyarakat agar selalu berhati-hati, termasuk di media sosial, sejak dini.

Acara ini juga sebagai kerja sama Universitas Balikpapan dengan Polda Kaltim dan organisasi kemahasiswaan. 

Baca Juga: Layanan Khusus Penyakit Infeksius dan Stroke di RSKD Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya