Comscore Tracker

Prajurit Raider Raja Alam Tiba di Balikpapan setelah Bertugas di Papua

Dua prajurit memperoleh penghargaan dari Kasad

Balikpapan, IDN Times - Sebanyak 450 prajurit  Yonif Raider 613/Raja Alam mendarat di Pelabuhan Semayang Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Jumat (8/4/2022). Para prajurit purnatugas setelah selama 11 bulan terakhir bertugas di Puncak Jaya dan Mimika Papua. 

Mereka bertugas menjaga keamanan dan ketertiban dari gangguan gerombolan kelompok kriminal bersenjata (KKB). 

Pangdam VI/Mulawarman Mayor Jenderal TNI Teguh Pudjo Rumekso menyambut langsung kedatangan prajuritnya. 

"Menyambut kedatangan para 450 prajurit Yonif Raider 613/Raja Alam," katanya. 

1. Prajurit akan kembali berangkat ke Tarakan

Prajurit Raider Raja Alam Tiba di Balikpapan setelah Bertugas di PapuaPasukan Raider Raja Alam tiba di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Jumat (8/4/2022). Foto istimewa

Seluruh prajurit TNI ini sudah menjalani tes kesehatan terkait virus COVID-19. Setelah tiba di Balikpapan, mereka rencananya akan langsung diberangkatkan kembali menuju Tarakan Kalimantan Utara (Kaltara). 

Pasalnya, homebase Yonif Raider 613/Raja Alam memang berada di Tarakan. 

Baca Juga: Kodam VI/Mlw Siapkan Lahan untuk Prajurit di Masa Depan

2. Dua prajurit memperoleh penghargaan dari Kasad

Prajurit Raider Raja Alam Tiba di Balikpapan setelah Bertugas di PapuaPasukan Raider Raja Alam tiba di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Jumat (8/4/2022). Foto istimewa

Sebanyak 109 prajurit nantinya akan memperoleh penghargaan atas prestasinya dari Dankolakops Pinang Sirih 03 Brigjen TNI Susilo. Sedangkan dua personel lain mendapatkan sertifikat penghargaan langsung dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), yakni Serda Darius dan Praka Maigolan.

Mereka berhasil merampas dua pucuk senjata milik KKB, sejenis Mouser dan M 16 milik KKB. Keduanya merupakan personel putra asli Kalimantan.

"Memberikan rasa bangga yang tinggi, tidak saja bagi Yonif Raider 613/Raja Alam, tetapi juga Kodam VI/Mulawarman dan masyarakat Kalimantan," bebernya.

3. Pasukan Raider 600/Modang akan berangkat ke Papua

Prajurit Raider Raja Alam Tiba di Balikpapan setelah Bertugas di PapuaPrajurit Batalyon Raider 600 di Tugu Modang Paser Kalimantan Timur. Foto istimewa

Setelah kepulangan personel Yonif Raider 613/Raja Alam, Kodam VI/Mulawarman kembali mempersiapkan keberangkatan ratusan personel dari Batalyon Raider 600/Modang untuk bertugas di Papua.

Pasukan rencananya akan berangkat pada bulan Juni mendatang. Personel saat ini sudah selesai melaksanakan latihan, tinggal pengecekan akhir.

Konsepnya mengarah kepada operasi teritorial.

Baca Juga: Papua Memanas, Kodam Mulawarman Kirimkan 450 Prajurit

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya