Presiden Resmikan Tahap Akhir Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

Jalan tol pertama di Kalimantan

Balikpapan, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dijadwalkan meresmikan pembangunan tahap akhir Jalan Tol Balikpapan-Samarinda di Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (23/8/2021).

Jalan tol yang diresmikan seksi 1 dan seksi 5 yang sudah diselesaikan menghubungkan Manggar Balikpapan-Kilometer13 Balikpapan, dan Samboja Kutai Kartanegara (Kukar) sepanjang 31 kilometer. 

"Presiden Jokowi dijadwalkan akan di Kaltim untuk beberapa agenda," kata seorang sumber di Kaltim, Senin (23/8/2021). 

1. Agenda Jokowi di Kaltim

Presiden Resmikan Tahap Akhir Jalan Tol Balikpapan-SamarindaJalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 97,99 km siap beroperasi. (dok. Jasa Marga)

Presiden Jokowi direncanakan meninjau kegiatan vaksinasi COVID-19 di Sport and Convention Centre (DOME) Balikpapan bersama sejumlah pejabat tinggi di Kaltim. Di lokasi ini rencananya akan dilakukan vaksinasi sebanyak 1.000 orang terdiri masyarakat, pelajar, mahasiswa, Toga, dan Tomas. 

Pengarahan Presiden Jokowi akan disiarkan secara virtual di aplikasi media sosial. Para pejabat yang tidak bisa masuk dalam rombongan pun diminta mengikuti prosesi acara secara virtual. 

Baca Juga: Akhirnya, Kasus Kematian dan Terpapar COVID-19 di Kaltim Turun Drastis

2. Peresmian Jalan Tol Balikpapan-Samarinda seksi 1 dan 5

Presiden Resmikan Tahap Akhir Jalan Tol Balikpapan-SamarindaIlustrasi jalan tol Balikpapan-Samarinda/ Tol Balsam (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Selanjutnya, presiden pun langsung meresmikan pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda seksi 1 dan 5 sepanjang 31 kilometer. Seremoni acara terdiri peninjauan display panel, laporan Gubernur Kaltim, arahan Presiden RI, hingga penandatangan prasasti. 

Sesuai protokol kesehatan di era pandemik COVID-19 undangan dibatasi maksimal 10 orang. 

Presiden juga akan mencoba penggunaan jalan tol sejauh 12 kilometer dari lokasi titik acara seremoni. 

3. Spesifikasi jalan tol diresmikan Jokowi

Presiden Resmikan Tahap Akhir Jalan Tol Balikpapan-SamarindaPresiden Jokowi resmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) seksi Samboja-Samarinda di Kalimantan Timur (IDN Times/Teatrika Handiko P)

Jalan tol seksi 5 ditangani konsorsium Beijing Urban Construction Grup dan PT Wijaya Karya (Wika). Sudah hampir enam tahun konsorsium ini mengerjakan proyek jalan tol menghubungkan Manggar Balikpapan-Kilometer 13 sepanjang 9 kilometer dengan alokasi anggaran pinjaman dana Tiongkok sebesar Rp848 miliar. 

Adapun jalan tol seksi 1 menghubungkan rute Kilometer 13 Balikpapan-Samboja Kutai Kartanegara sejauh 22 kilometer. Pembangunan jalan tol seksi 1 menjadi tanggung jawab Pemprov Kaltim. 

Sedangkan dua tahun lalu, Jokowi sudah meresmikan jalan tol yang sama di mana saat itu adalah seksi 2, 3, dan 4 menghubungkan Samboja Kutai Kartanegara-Palaran Samarinda sepanjang 68 kilometer. Pembangunan jalan tol rure ini menjadi tanggung jawab PT Jasa Marga (Persero). 

Pihak Jasa Marga juga dipercaya mengelola Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Perusahaan negara ini berpengalaman membangun jalan tol sekaligus pengoperasian.

Selama bertahun-tahun, Jasa Marga berpengalaman membangun jalan tol di Indonesia. Sedangkan, arus pengguna jalan tol Balikpapan–Samarinda diprediksi saat itu diperkirakan mencapai 10 ribu kendaraan per hari, sehingga investor harus berkolaborasi dengan pemerintah dalam mewujudkannya.

Baca Juga: Hore, Tiga Daerah Kaltim akan Gratiskan Pembayaran BPJS Kesehatan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya