Comscore Tracker

Program Buncu Baca Digital di Perpustakaan Kaltim

Warga hanya melakukan scan barcode

Samarinda, IDN Times - Seiring berkembangnya teknologi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kalimantan Timur (Kaltim) akan menyesuaikan diri demi meningkatkan pelayanan. Pemanfaatan teknologi informasi (TI) diprogramkan agar layanan lebih maksimal dan mudah serta menyenangkan.

“Ini akan memudahkan masyarakat. Mereka cukup membawa handpone android saja. Tinggal scan langsung mencari buku yang mau dibaca,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim HM Syafranuddin dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Rabu 10 Agustus 2022.

1. Masyarakat hanya membawa handphone

Syafranuddin mengatakan, Buncu Baca Digital ini sistem kerjanya dalam proses masyarakat hanya membawa handphone (Android) dengan scan barcode.

Ia menjelaskan, Buncu Baca Digital ini akan ditempatkan di sejumlah fasilitas umum di Kaltim, tak terkecuali di kawasan perbatasan RI.

Baca Juga: Pencuri Barang Korban Kecelakaan di Samarinda Menangis dan Minta Maaf

2. Dukungan sebagai Pemprov Kaltim bagi warga pedalaman

Program Buncu Baca Digital di Perpustakaan Kaltimilustrasi sekumpulan orang yang hobi membaca (pexels.com/cottonbro)

Misalnya, Long Apari dan Long Pahangai. Program ini sebagai dukungan Pemprov Kaltim melalui DPK Kaltim untuk masyarakat pedalaman dan terpencil.

Untuk itu, mendukung program tersebut, diperlukan dukungan berbagai pihak tak terkecuali DPRD Kaltim.  

3. Mewujudkan visi dan misi Kaltim

Program Buncu Baca Digital di Perpustakaan Kaltimilustrasi membaca buku (pexels.com/Uriel Mont)

Sehingga memudahkan mewujudkan visi dan misi gubernur dan wagub, yaitu meningkatkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

“Semoga program ini didukung dewan. Ini demi peningkatan kualitas SDM melalui minat baca masyarakat yang tinggi,” jelasnya. 

Baca Juga: Polresta Samarinda Sita Puluhan Butir Pil Ekstasi dari Pengedar Lokal

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya