Proyek Bandara VVIP di IKN Nusantara Siap Naik Proses Lelang 

Pembangunan dilakukan Kementerian PUPR

Jakarta, IDN Times - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan proyek pembangunan bandara very very important person (VVIP) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur siap dilelang.

"Proyek bandara VVIP di IKN siap dilelang," ujar Basuki di sela-sela Konferensi Pers Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2024 dilaporkan Antara di Jakarta, Rabu (16/8/2023). 

1. Lelang proyek VVIP IKN pada bulan Oktober

Proyek Bandara VVIP di IKN Nusantara Siap Naik Proses Lelang Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Dia menambahkan bahwa untuk aspek perencanaan bandara VVIP di IKN tersebut sudah dilaksanakan. "Lelang bandara VVIP di IKN tersebut kemungkinan dilakukan pada Bulan Oktober tahun ini," katanya.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandar Udara VVIP untuk Mendukung IKN.

Baca Juga: Polresta Samarinda Tangkap Pelaku Prostitusi yang Jual Istri Sendiri

2. Percepatan pembangunan VVIP IKN segera dilakukan

Proyek Bandara VVIP di IKN Nusantara Siap Naik Proses Lelang Anggota TNI dan POLRI saat melakukan pengamanan pembersihkan rencana bandara VVIP IKN (IDN Times/Ervan)

Percepatan pembangunan dan pengoperasian bandara VVIP perlu segera dilakukan untuk mengembangkan infrastruktur penerbangan dan pendukung konektivitas IKN.

Pembangunan dan pengoperasian bandara VVIP tersebut berlokasi di n operasi penerbangan bandar udara ditetapkan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

3. Presiden Jokowi menugaskan Menteri PUPR dan Menhub Budi Karya Sumadi

Proyek Bandara VVIP di IKN Nusantara Siap Naik Proses Lelang Badan Bank Tanah mendukung percepatan pembangunan Bandara VVIP IKN (dok. Badan Bank Tanah)

Dalam Perpres itu, Presiden Jokowi menugaskan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menhub Budi Karya Sumadi untuk melakukan percepatan pembangunan dan pengoperasian bandara VVIP IKN. Ibu Kota Negara Nusantara dibangun untuk mencapai target Indonesia sebagai negara maju, sesuai visi Indonesia

Dibangun dengan identitas nasional, IKN akan mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia-sentris, serta mempercepat transformasi ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Pedagang Miras Ilegal di Samarinda Ditertibkan oleh Satpol PP

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya