Ratusan Relawan Peduli Lingkungan Membersihkan Sungai Barabai

Pembersihan sampah plastik dan lainnya 

Barabai, IDN Times - Ratusan relawan, organisasi dan komunitas dari berbagai kalangan bersihkan Sungai Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) di Kalimantan Selatan (Kalsel). Mereka memungut berbagai sampah plastik dan lain-lain, Minggu (30/7/2023).

"Tujuannya tentu untuk menjaga kelestarian lingkungan, menumbuhkan kesadaran masyarakat menjaga sungai yang bersih dari sampah dan menciptakan kebersamaan di masyarakat kota Barabai pada khususnya," kata Koordinator Kegiatan Dayat dilaporkan Antara. 

1. Kegiatan gotong royong inisiatif anak muda

Ratusan Relawan Peduli Lingkungan Membersihkan Sungai BarabaiIlustrasi sampah plastik. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Kegiatan gotong royong tersebut merupakan inisiatif para anak muda yang turut mendapat dukungan dari berbagai kalangan mulai dari pemerintah, swasta hingga TNI/Polri. 

Salah seorang koordinator kegiatan Dayat menyampaikan, gotong royong itu merupakan dalam rangka memperingati hari sungai nasional.

Menurutnya, sampah-sampah yang dikumpulkan para relawan atau komunitas ini nantinya ditimbang di titik kumpul Siring Joewita Barabai dan yang terbanyak akan mendapatkan hadiah menarik dari penyelenggara.

Baca Juga: Mitigasi Bencana Banjir di Kalsel dengan Bersihkan Sampah Sungai HST

2. Kerja sama dengan bank sampah HST

Ratusan Relawan Peduli Lingkungan Membersihkan Sungai BarabaiSejumlah petugas Dinas Lingkungan Hidup bersama masyarakat membersihkan sampah yang menumpuk di Sungai Barabai, Desa Masiraan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Jumat (9/6/2023). ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/YU

Pihak penyelenggara pun kerja sama dengan bank sampah beroperasi di HST.

"Kita juga bekerja sama dengan sejumlah bank sampah yang ada di Kabupaten HST dan sampah-sampah tersebut nantinya akan dikelola mereka," terangnya.

Karena Kota Barabai ini merupakan wilayah yang sering banjir, jadi dikatakannya perlu ada upaya kepedulian yang tinggi terhadap sungai dan sampah. "Kegiatan ini hanya awal dan memancing kesadaran masyarakat agar peduli terhadap sungai," ujarnya.

3. Kegiatan bersih-bersih sungai akan rutin digelar

Ratusan Relawan Peduli Lingkungan Membersihkan Sungai BarabaiSejumlah petugas Dinas Lingkungan Hidup bersama masyarakat membersihkan sampah yang menumpuk di Sungai Barabai, Desa Masiraan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Jumat (9/6/2023). ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/YU

Ke depan dijelaskan Dayat, jika memang diperlukan lagi, giat seperti ini akan terus akan dilakukan yang tentunya dengan massa yang lebih banyak lagi.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung hingga kegiatan gotong royong ini sukses dilaksanakan," tutup Dayat yang juga seorang wartawan tersebut.

Baca Juga: Manusia Silver di Banjarmasin Dapat hingga Rp500 Ribu per Hari

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya