Sistem Kelistrikan PLN Bermasalah, Tujuh Kota di Kaltim Alami Gangguan

Sistem kelistrikan interkoneksi Kalsel, Kalteng, dan Kaltim

Balikpapan, IDN Times - Manajer Komunikasi dan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Unit Induk Distribusi (UID) Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Kaltimra) PT PLN (Persero) Dana Puspita Sari  mengonfirmasi terjadi gangguan pada sistem kelistrikan interkoneksi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur (Kalseltengtim).
 
"Gangguan listrik dimulai pukul 10.43 WITA pagi tadi dan telah menyebabkan pemadaman listrik sebagian pelanggan di Balikpapan, Samarinda, PPU, Paser, Bontang, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, dan sekitarnya," sebut Dana dilaporkan Antara, Selasa (8/9/2023). 

1. Petugas PLN langsung melakukan perbaikan

Sistem Kelistrikan PLN Bermasalah, Tujuh Kota di Kaltim Alami GangguanPetugas PLN mengikuti Apel Siaga Kelistrikan Ramadan dan Idul Fitri 1444 H yang digelar di Jakarta pada Rabu (5/3/2023). (dok. PLN)

Dia menyampaikan petugas PLN segera merespons pemadaman dengan bergegas ke lapangan untuk mengatasi gangguan kelistrikan yang sedang terjadi. 
 
"Pihak PLN akan melakukan upaya perbaikan begitu penyebab gangguan telah ditemukan. Saat ini, masih dalam tahap penelusuran," ungkap Dana Puspita.

Baca Juga: PT Pegadaian Ikuti Kegiatan Bersih-bersih Pantai Melawai Balikpapan

2. PLN meminta maaf atas ketidaknyaman ini

Sistem Kelistrikan PLN Bermasalah, Tujuh Kota di Kaltim Alami GangguanPetugas PLN melakukan kunjungan ke rumah pelanggan untuk memberikan pelayanan (dok. PLN)

Dalam tanggapannya atas situasi ini, pihaknya meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh pemadaman listrik ini. 
 
PLN, lanjut Dana, akan segera memberikan informasi lebih lanjut mengenai proses penormalan jaringan listrik secara bertahap.

3. Sistem kelistrikan pulih secara bertahap

Sistem Kelistrikan PLN Bermasalah, Tujuh Kota di Kaltim Alami GangguanPetugas PLN melakukan kunjungan ke rumah pelanggan untuk memberikan pelayanan (dok. PLN)

Gangguan sistem kelistrikan ini akhirnya pulih secara bertahap di tujuh kota terkena dampak. 
 
"Hingga pukul 13.00 WITA, sekitar 20 persen sistem kelistrikan di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) berhasil dipulihkan, termasuk di kota Samarinda dan Kutai Kartanegara (Kukar)," demikian Dana Puspita.

Baca Juga: Demo Ormas Dayak di Balikpapan Diwarnai Aksi Sembelih Babi Inisial RG

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya