Stok Bahan Pokok di Kaltim Aman Tiga Bulan ke Depan

Pemprov Kaltim meminta masyarakat tak panic buying

Samarinda, IDN Times - Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Yadi Robyan Noor mengatakan, walaupun Hari Raya Idul Fitri masih dua minggu, untuk stok (ketersediaan) bahan pokok di Kaltim masih aman dan mencukupi, dan masyarakat jangan panic buying.

“Jadi ketahanan bahan pokok kita, mampu dalam dua sampai tiga bulan ke depan," katanya kepada tim Publikasi Biro Adpimprov Kaltim dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Selasa (19/4/2022). 

Roby sempat menjadi narasumber pada high level meeting tim pengendalian inflasi daerah (TPID) Kaltim dalam menjaga stabilisasi harga bahan kebutuhan pokok khususnya dalam menghadapi lebaran Idul Fitri 1443 H di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim.

1. Stok bahan pokok di Kaltim

Misalnya beras stok 74.828 ton estimasi kebutuhan hanya 24.276 ton. Stok gula pasir 41.672 ton, estimasi kebutuhan 20.336 ton, stok minyak goreng 1.352 ton estimasi kebutuhan 638 ton, dan stok telur ayam 37.897 ton estimasi kebutuhan 34.897 ton. 

Setelah itu, stok daging sapi 4.500 ton estimasi kebutuhan 4.603 ton, stok daging ayam 4.435 ton, estimasi kebutuhan 1.555 ton, bawang merah 1.601 ton, estimasi kebutuhan 851 ton, bawang putih 1.851 ton estimasi 851 ton, dan cabai 1.283 ton estimasi kebutuhan 948 ton.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Dishub Kaltim Inspeksi Keselamatan Bus Transportasi

2. Masyarakat diminta jangan panic buying

Stok Bahan Pokok di Kaltim Aman Tiga Bulan ke DepanIlustrasi bahan pangan pokok. (IDN Times/Faiz Nashrillah)

Menurut Roby sekarang ini masyarakat perlu literasi dan edukasi agar jangan panic buying, karena stok yang ada memang sangat mencukupi, pemerintah terus eksis agar ketersediaan bahan pokok bisa tetap tersedia, contohnya stok minyak goreng masih aman bahkan sampai 3 bulan lebih.

“Karena kita dapat minyak goreng curah khusus dari Kementerian Perindustrian yang stoknya 1.352 ton sementara estimasi kebutuhan hanya 638 ton. Karena itu, kita tunggu saja karena itu proses mekanismenya dari produsen teken kontrak dengan distribustornya, setelah itu baru disalurkan, jadi jatah Provinsi Kaltim itu bisa sampai dua bulan ke depan,” tandasnya.

3. Stok bahan bakar minyak dijelaskan Pertamina

Stok Bahan Pokok di Kaltim Aman Tiga Bulan ke Depanrepublika.co.id

Untuk bahan bakar minyak (BBM), lanjut Roby dalam rapat tadi sudah dijelaskan pihak PT Pertamina kuotanya lebih, namun yang menjadi masalah memang masih ada yang tidak sesuai dengan mekanisme pasar, ada orang yang mencoba mencari kesempatan, dan solusi yang akan dilakukan Pertamina adalah penggunaan fuel card yang akan diterapkan pada 10 kabupaten kota di Kaltim.

Selain BBM, Roby menjelaskan terkait LPG (liquefied petroleum gas) juga masih aman, kalau ada kenaikan harga itu hanya kurang pasokan saja, makanya kalau ada kelangkaan Disperindagkop langsung berkoordinasi dengan distributur LPG, dan pemberitahuan kelangkaan tersebut harus disampaikan langsung kepala daerah.
.
“Kita minta suratnya resmi dari pemerintah daerah, sehingga bisa cepat kita respons dan mengirim LPG ke daerah bersangkutan,” ungkap Yadi.

Baca Juga: Lebaran, Pertamina Garansi Kebutuhan Energi di Kaltim Terpenuhi

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya