Suksesi Pengurus Dewan Adat Dayak di Barito Utara  Kalteng

Kepengurusan jabatan DAD 2021-2016

Balikpapan, IDN Times - Masyarakat adat Barito Utara Kalimantan Tengah (Kalteng) akan menggelar suksesi kepengurusan Dewan Adat Dayak (DAD) periode 2021-2016. Dalam waktu dekat akan diadakan musyawarah daerah (Musda) DAD Barito Utara dengan memilih ketua umum DAD Barito Utara.

Seperti press rilis disampaikan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Barito Utara. 

1. Ketua DAD Teweh Baru berikan 2 surat dukungan

Suksesi Pengurus Dewan Adat Dayak di Barito Utara  KaltengPemberian surat dukungan DAD Barito Utara. Foto Istimewa

Bertempat di rumah Ketua Gerakan Pemuda Dayak (GERDAYAK) Drs. Saprudin S Tingan, Ketua DAD Kecamatan Teweh Baru, Yupenalis memberikan 2 surat dukungan dalam pencalonan ketua DAD kabupaten Barito Utara. 

Surat dukungan diberikan kepada Ketua Gerdayak Barito Utara, Drs. Saprudin S Tingan dan Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Barito Utara Putes Lekas.

Dalam kesempatan itu, Yupenalis mengatakan, dukungan tersebut diberikan mengingat 2 tokoh tersebut selama ini telah banyak berjuang untuk masyarakat adat Barito Utara. Salah satu perjuangan nyata mereka adalah beberapa tahun yang telah lewat mereka benar-benar memperjuangkan nasib Peladang, bahkan garda terdepan dalam perjuangan.

"Mempertimbangkan beberapa hal yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu,maka saya mengambil inisiatif memberikan surat dukungan tersebut," paparnya.

Kedua tokoh ini jelas memenuhi berbagai syarat yang sudah ditentukan untuk menjadi ketua umum DAD kabupaten Barito Utara. 

Baca Juga: 6 Motif Tato Suku Dayak, dari Simbol Kekuatan hingga Kematian

2. Ketua Gerdayak Barito Utara mengapresiasi dukungan ini

Suksesi Pengurus Dewan Adat Dayak di Barito Utara  KaltengUpacara adat Suku Dayak Kalimantan Tengah/Nesiwati

Saprudin selaku Ketua Gerdayak Barito Utara mengapresiasi inisiatif dukungan diberikan padanya. Ia berjanji akan amanah dalam mengemban kepercayaan ini untuk memajukan masyarakat adat di Barito Utara. 

"Maka dengan Restu para leluhur, Saya Drs. Saprudin S Tingan. Seperti semboyan kita, Iya Mulik Bengkang Turan, dengan ini akan mengemban amanah masyarakat adat Barito Utara, dan mendeklarasikan  maju menjadi salah satu calon ketua DAD Kabupaten Barito Utara," paparnya. 

3. Ketua AMAN Barito Putra siap meramaikan pemilihan DAD

Suksesi Pengurus Dewan Adat Dayak di Barito Utara  KaltengUpacara adat Suku Dayak di Kalimantan Tengah/Nesiwati

Hal yang senada disampaikan Ketua AMAN Barito Utara Putes Lekas. Di mana Ketua DAD Kecamatan Teweh Baru mendukungnya agar maju dalam pemilihan DAD Barito Utara. 

"Saya akan mengajak kawan-kawan pengurus AMAN untuk mendiskusikan hal ini. Karena selama ini banyak dukungan. Namun mengingat masa jabatan saya di AMAN menjadi Ketua BPHD belum berakhir, Saya masih mempertimbangkan untuk maju," paparnya. 

Namun dalam hal ini, Putes  mengaku masih menunggu petunjuk dari Tuhan dan Roh Leluhur. Tapi meskipun begitu, ia menilai Ketua GERDAYAK pun pantas memimpin DAD Barito Utara. 

"Karena meskipun saya tidak maju, Drs. Saprudin S Tingan dalam hal ini sudah siap untuk maju dalam pencalonan tersebut," pungkasnya.

Baca Juga: Tradisi Penggal Kepala di Suku Dayak yang Muncul ketika Konflik Sampit

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya