Wali Kota Balikpapan Meminta Warga Lapor RT soal Pengaspalan Jalan

Penyangga Ibukota Nusantara

Balikpapan, IDN Times - Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud meminta warga untuk melaporkan kepada ketua rukun tetangga (RT) setempat terkait jalan yang belum diaspal demi mendukung kota itu sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Kami tidak bisa menjangkau semua (masyarakat). Jadi melalui mereka (Ketua RT) sebagai kepanjangan tangan kami agar kami mengetahui permasalahan," kata Rahmad Mas'ud dilaporkan Antara, di Balikpapan, Minggu (26/11/2023).

1. RT di Balikpapan menerima dana operasional

Wali Kota Balikpapan Meminta Warga Lapor RT soal Pengaspalan JalanIlustrasi pembangunan infrastruktur jalan layang (IDN Times/Asrhawi Muin)

Ketua RT di Balikpapan, menurutnya, telah menerima dana operasional agar bekerja demi pembangunan Kota Minyak serta menjangkau wilayah hingga pelosok.

"Bukan hanya lingkungan, ketua RT juga bertanggung jawab tentang masalah kota, sosial, umum, anak dan orang terlantar. Kami tidak bisa menjangkau sampai ke situ (tingkat RT)," ujarnya.

Baca Juga: Sinar Mas Land Hadirkan New Concept of Hype di Grand City Balikpapan

2. Wali Kota Balikpapan akan tindaklanjuti laporan warga

Wali Kota Balikpapan Meminta Warga Lapor RT soal Pengaspalan JalanWali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud bersama Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Thirdy Hadmiarso meninjau Pasar Ramadan di Terminal BP Balikpapan. (IDN Times/Fatmawati)

Rahmad Mas'ud berjanji akan menindaklanjuti laporan warga yang disampaikan melalui ketua RT menyusul semangat Balikpapan untuk pemerataan pembangunan sebagai kota penyokong IKN Nusantara.

"Di Balikpapan, ada jalan kota, negara, dan provinsi. Untuk jalan kota, saya pastikan akan ada perbaikan," tuturnya.

Namun untuk jalan provinsi maupun negara, Pemkot Balikpapan akan berkoordinasi dengan instansi yang berwenang terkait perbaikan jalan itu. "Karena (jalan provinsi dan nasional) itu anggaranya bukan dari kami," katanya.

3. Pemkot Balikpapan menggenjot pembangunan infrastruktur

Wali Kota Balikpapan Meminta Warga Lapor RT soal Pengaspalan JalanPenutupan 15 ruas jalan di Balikpapan, 3 April 2020 (IDN Times/Hilmansyah)

Rahmad mengatakan Pemkot Balikpapan terus menggenjot pembangunan dan perbaikan infrastruktur pendidikan dan kesehatan, selain infrastruktur dasar seperti jalan.

"Jika pembangunan itu belum maksimal, karena saya baru dua tahun menakhodai Balikpapan. Tapi, saya pastikan dalam setahun mendatang kami dorong semua pembangunan untuk kepentingan masyarakat," ujarnya.

Baca Juga: KPU Balikpapan Pastikan ODGJ Masuk DPT Pemilu 2024

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya