Cegah Virus Corona, Pelindo IV Perketat Pengawasan Kapal di Balikpapan

Tak sedikit kapal berbendera asing berlabuh di Balikpapan

Balikpapan, IDN Times – Upaya mencegah masuknya 2019 Novel coronavirus (2019-nCov) atau virus corona ke Balikpapan terus dilakukan. Setelah PT Angkasa Pura I memperketat pengawasan penumpang pesawat, kali ini PT Pelindo (Persero) IV juga akan melakukan hal yang sama.

Manajer Pelayanan Barang Aneka Usaha dan Terminal untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) Pelindo IV Fanny Herling mengatakan, tak sedikit kapal yang berlabuh di Balikpapan yang berbendera asing.

Biasanya mereka akan berlabuh di Pelabuhan Semayang, Pelabuhan Petikemas Kariangau hingga area kilang Pertamina. “Paling banyak mereka melakukan bongkar muat penumpang, batu bara, CPO (crude palm oil), dan barang-barang,” katanya kepada awak media, Rabu (29/1).

1. Kapal dari Singapura dan Tiongkok akan diperiksa lebih ketat

Cegah Virus Corona, Pelindo IV Perketat Pengawasan Kapal di Balikpapan(Ilustrasi Kapal Coast Guard Tiongkok) AFP PHOTO

Seiring merebaknya isu virus corona yang dapat menyebabkan kematian, Pelindo IV akan memperketat pegawasan terhadap semua penumpang kapal yang akan berlabuh di Balikpapan. Khususnya kapal yang datang dari Singapura dan Tiongkok, akan diperiksa secara maksimal.

Pemeriksaan ini terdiri dari kesehatan serta barang dengan melibatkan instansi terkait. Fanny menjelaskan, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi masuknya virus corona ke Balikpapan lewat jalur laut.

“Kami lakukan pengecekan terutama kapal-kapal asing, karena mereka rata-rata mengambil (berlabuh) dari sini. Sehingga pengamanan dan pemeriksaan akan kami perketat,” jelasnya.

Baca Juga: Orangtua Mahasiswa Hubei University Bersyukur Anaknya Bisa Pulang 

2. Pelindo IV akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait

Cegah Virus Corona, Pelindo IV Perketat Pengawasan Kapal di Balikpapantripadvisor.com

Untuk memperketat pengawasan penumpang kapal ini, lanjut Fanny, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait. Sehingga, diupayakan dalam waktu dekat ini Pelindo IV sudah bisa melakukan pengawasan.

“Nanti kami rapat dulu membahas langkah pencegahan virus corona. Nanti akan melibatkan pihak kesehatan pelabuhan, Pelindo, karantina dan pihak terkait lainnya,” terangnya.

3. Sebelum diperketat, Pelindo IV sudah periksa penumpang kapal sesuai SOP

Cegah Virus Corona, Pelindo IV Perketat Pengawasan Kapal di BalikpapanIDN Times/M.Idris

Meski baru akan memulai pemeriksaan secara ketat, bukan berarti selama ini penumpang kapal tak diperiksa. Fanny mengaku, pihaknya selalu memeriksa penumpang kapal sesuai standar operasional prosedur (SOP)

“Jadi, sebelum kapal-kapal beraktivitas di pelabuhan, biasanya ada pemeriksaan sesuai SOP. Ada tim dari dari Kantor Kesehatan Pelabuhan, Bea Cukai, Imigrasi dan Karantina naik ke atas kapal untuk pemeriksaan,” tandasnya.

Baca Juga: Teror Corona, 2 Mahasiswa Asal PPU Berhasil Pulang dari Provinsi Hubei

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya