Kebakaran di Balikpapan, Runtuhan Bangun Nyaris Menimpa Bocah

Ruko BBM eceran dan kios aksesoris handphone terbakar

Balikpapan, IDN Times – Kebakaran melanda bangunan di Jalan Batu Butok, RT 84, Kelurahan Muara Rapak, Balikpapan Utara, Jumat (22/11) dini hari. Dua bangunan ludes di lalap si jago merah dalam peristiwa ini.

Diketahui, salah satu bangunan yang terbakar itu adalah rumah toko dua pintu. Satu pintu dihuni oleh Awaludin (47) bersama istri dan tiga orang anaknya.

Mereka menggunakan bangunan itu untuk membuka usaha, seperti berjualan bahan bakar minyak (BBM) eceran. Sedangkan satu pintu lainnya belum ada yang menghuni.

1. Bangun tidur lihat api di plafon rumah

Kebakaran di Balikpapan, Runtuhan Bangun Nyaris Menimpa BocahPetugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan kebakaran di Jalan Batu Butok. Sumber: BPBD Balikpapan

Kepada awak media, Awaludin mengatakan, kebakaran ini terjadi sekira pukul 01.00 Wita. Saat itu dia bersama keluarganya tengah terlelap tidur. Kemudian ia terbangun dari tidurnya lantaran mendengar teriakan dari anak dan istrinya.

Saat bangun, Awaludin kaget melihat api membakar plafon rumahnya. Dia bersama keluarganya lantas bergegas meninggalkan rumahnya ke tempat yang lebih aman.

“Anak saya teriak ada api. Api itu sudah besar di atas, Pak. Terus jatuh itu (runtuhan bangunan) ke bawah, hampir kena anak saya. Habis itu saya suruh semua lari keluar menyelamatkan diri,” katanya di lokasi kebakaran.

Baca Juga: KPU Balikpapan Lakukan Penghapusan Aset Pemilu 2019

2. Barang-barang berharga ludes terbakar

Kebakaran di Balikpapan, Runtuhan Bangun Nyaris Menimpa BocahProses pemadam kebakaran di Jalan Batu Butok. IDN Times/Surya Aditya

Dijelaskan Awaludin, kebakaran ini tak memakan korban jiwa. Hanya saja, dia bersama keluarganya menderita kerugian material. Satu unit sepeda motor jenis Thunder miliknya terbakar. Selain itu, barang-barang berharga lainnya juga ikut terbakar.

“Enggak sempat bawa apa-apa, Pak. Saya suruh lari keluar semuanya, sebab api sudah besar. Yang penting semuanya selamat," tuturnya.

3. Kios handphone ikut terbakar

Kebakaran di Balikpapan, Runtuhan Bangun Nyaris Menimpa BocahPetugas damkar membadamkan kebakaran di Jalan Batu Butok. IDN Times/Surya Aditya

Selain kediaman Awaludin, kebakaran ini juga menghanguskan sebuah kios milik perempuan bernama Linda. Di kios itu Linda menjual aksesoris handphone. Akibat kebakaran ini, semua dagangannya hangus terbakar.

“Saya cuma sewa lahan saja di sini buat jualan, ikut kena juga,” sesalnya.

4. Api berhasil dipadamkan sejam kemudian

Kebakaran di Balikpapan, Runtuhan Bangun Nyaris Menimpa BocahKebakaran berhasil dipadamkan sekira pukul 02.00 Wita. Sumber: BPBD Balikpapan

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan, Suseno menjelaskan, dalam kebakaran ini, api bisa dijinakkan sekira satu jam kemudian. Sedikitnya BPBD menurunkan delapan unit mobil pemdam kebakaran untuk memadamkan api.

“PLN tadi agak sedikit lambat untuk memadamkan listrik, jadi tidak bisa maksimal melakukan penyemprotan,” katanya.

Namun dia belum mengetahui, apa yang menjadi penyebab kebakaran ini terjadi.

“Mengenai penyebab kebakaran masih diselidiki pihak berwajib,” tandasnya.

Baca Juga: Atasi Macet, Jalan Tembus Grand City Balikpapan Dibuka Februari 2020

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya