Comscore Tracker

Awas! Positif COVID-19 Kaltim Meledak Lagi, Terbanyak dari Balikpapan

Disiplin prokes jadi metode penting atasi virus corona

Samarinda, IDN Times - Saban hari fenomena pertambahan positif COVID-19 di Kalimantan Timur (Kaltim) tak bisa dihindari. Bahkan lonjakan hari ini nyaris mencapai 500 kasus terkonfirmasi. Mayoritas kembali dilaporkan dari Kota Minyak alias Balikpapan.

“Kondisi ini harus menyadarkan masyarakat untuk introspeksi diri,” ujar Andi Muhammad Ishak, Juru Bicara Penanganan COVID-19 Kaltim seperti dilansir dari rilis resmi Pemprov Kaltim, Selasa (29/6/2021).

1. Menjadikan prokes sebagai kebiasaan baru dalam aktivitas harian

Awas! Positif COVID-19 Kaltim Meledak Lagi, Terbanyak dari BalikpapanAndi Muhammad Ishak, juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim (IDN Times/Yuda Almerio)

Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim mengumumkan tambahan 482 kasus terkonfirmasi positif virus corona di provinsi ini. Dengan perincian Berau 30 kasus, Kutai Barat 19 kasus, Kutai Kartanegara 44 kasus, Kutai Timur 29 kasus, dan Mahakam Ulu 1 kasus. Selain itu Paser 9 kasus, Penajam Paser Utara 16 kasus, Balikpapan 211 kasus, Bontang 70 kasus, dan Samarinda 53 kasus.

Sementara, penambahan pasien sembuh dari COVID-19 dilaporkan sebanyak 121 kasus. Meliputi Berau 18 kasus, Kutai Barat 1 kasus, Kutai Kartanegara 11 kasus, dan Kutai Timur 12 kasus. Diikuti Penajam Paser Utara 2 kasus, Balikpapan 39 kasus, Bontang 13 kasus, dan Samarinda 25 kasus.

Adapun penambahan pasien meninggal dunia dilaporkan sebanyak 13 kasus. Terdiri dari Berau 1 kasus, Kutai Kartanegara 1 kasus, dan Mahakam Ulu 1 kasus, Paser 1 kasus, Balikpapan 6 kasus, Bontang 1 kasus, dan Samarinda 2 kasus. Kata Andi, cara terbaik menghindari wabah ini adalah dengan taat protokol kesehatan alias prokes.

“Dengan cara menerapkan protokol kesehatan secara disiplin melalui 5M, untuk menjadikannya sebagai kebiasaan baru,” imbuhnya.

Baca Juga: Jalur Menuju Bontang Rusak, Gubernur Kaltim Curhat Soal Ban Bocor

2. Prokes menjadi salah satu cara selamatkan diri dari COVID-19

Awas! Positif COVID-19 Kaltim Meledak Lagi, Terbanyak dari BalikpapanANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Dengan adanya tambahan tersebut maka akumulasi positif COVID-19 Kaltim menjadi 76.746 atau 2.062,3 kasus per 100 ribu penduduk dengan positif rate 26,1 persen dari kasus diperiksa. Sedangkan total kesembuhan mencapai 71.375 atau 93 persen dari akumulasi kasus positif dan kematian 1.820 atau 2,4 persen. Menyisakan 3.551 kasus aktif atau masih dalam perawatan maupun isolasi mandiri. Dari jumlah warga terpapar COVID-19 di Kaltim belum menunjukkan tanda-tanda penurunan.

“Disiplin prokes dalam tatanan baru yang menyelamatkan hidup kita bersama,” katanya.

3. Menjaga diri dan sesama dari virus corona

Awas! Positif COVID-19 Kaltim Meledak Lagi, Terbanyak dari BalikpapanTim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 memakamkan jenazah pasien positif COVID-19 (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Dia menambahkan, COVID-19 itu nyata. Siapa pun bisa tertular. Lebih-lebih saat ini varian baru mulai hadir. Karena kewaspadaan diri diperlukan. Ingat, mulai terbiasa menggunakan masker, mengamalkan hidup bersih dan sehat, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun pada air mengalir, menghindari kerumunan, serta membatasi mobilitas dan interaksi.

“Mari jaga diri dan sesama dari virus corona,” pungkasnya.

Baca Juga: Total Kasus Aktif Corona Kaltim, Balikpapan Menyumbang 39,49 Persen

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya