Comscore Tracker

Duh! 14 Ribu Warga Sambutan di Samarinda Krisis Air Bersih

Atasi persoalan air bersih, pemkot gandeng investor Korea

Samarinda, IDN Times - Sebanyak 14 ribu warga di Kecamatan Sambutan Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim) belum bisa menikmati layanan air bersih. Pemkot Samarinda pun berencana menggandeng investor dari Korea untuk menuntaskan persoalan tersebut.

“Saya sudah minta tolong dibuatkan rancangan anggarannya secara profesional, biar pihak investor bisa melihat berapa investasi yang dikeluarkan (pemkot) dan kebutuhan tambahan yang mereka harus investasikan di IPA Sungai Kapih,” ujar Andi Harun, Wali Kota Samarinda, seperti dilansir dari rilis resmi Pemkot Samarinda, Selasa (29/6/2021).

1. Pengerjaan proyek IPA Sungai Kapih perlu Rp15 miliar

Duh! 14 Ribu Warga Sambutan di Samarinda Krisis Air BersihWali Kota Samarinda, Andi Harun (IDN Times/Yuda Almerio)

Bila tak lepas dari agenda, susunan bujet tersebut bakal dipresentasikan di Jakarta, persisnya di depan investor Korea pada esok hari. Pertemuan ini merupakan kunjungan balasan. Sebelumnya investor dari Negeri Ginseng tersebut sudah bertandang ke Kota Tepian.

Rencana ini menjadi penting, lantaran bisa mengakhiri krisis air bersih di Sambutan dan sekitarnya. Kata Andi, selain IPA Sungai Kapih, pihaknya juga menawarkan penanaman modal di SPAM Cendana 3, Pelita 7 atau Bendang 2.

“Karena kalau melihat sisa kebutuhan nilai investasi yang diperlukan IPA Sungai Kapih sebesar Rp15 Miliar saya pikir Pemkot bisa mengatasi, nanti sambil kita pelajari,” sebutnya.

Baca Juga: COVID-19 Melonjak Lagi, Puluhan Warga Samarinda Kedapatan Tanpa Masker

2. Berharap proyek pengerjaan IPA bisa menular ke sektor lain

Duh! 14 Ribu Warga Sambutan di Samarinda Krisis Air BersihANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Sementara, Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso menambahkan, untuk urusan peluang investasi bagi pihak investor sebaiknya diarahkan kepada pembangunan SPAM Cendana 3. Mengingat Pemkot Samarinda sendiri belum melakukan aktivitas di project tersebut.

“IPA Cendana 3 saran saya lebih memungkinkan jika ada investor yang ingin berinvestasi penuh di proyek ini,” terangnya..

3. IPA Cendana 3 juga memerlukan bantuan investor

Duh! 14 Ribu Warga Sambutan di Samarinda Krisis Air BersihIlustrasi droping air bersih. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Dengan begitu, kata dia, pemegang modal bisa menyediakan kebutuhan IPA tersebut. Mulai dari pipa, teknologi pengelolaan hingga sebagai operator jika sistem ini sudah berjalan. Untuk membangun IPA Cendana 3 sendiri, dibutuhkan dana sebesar Rp38 miliar dengan kapasitas produksi 200 liter/detik.

“Jika berfungsi wilayah distribusi bisa sampai ke Kecamatan Samarinda Utara,” pungkasnya

Baca Juga: Kemacetan di Sungai Dama, Samarinda Pertimbangan Bangun Terowongan

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya