Comscore Tracker

Balikpapan Kembali Menambah Kasus Kematian Pasien Positif COVID-19

Total ada 23 kasus kematian dilaporkan dari Balikpapan

Samarinda, IDN Times - Balikpapan kembali menambah pasien positif virus corona atau COVID-19 yang meninggal dunia. Hingga kini kota di selatan Kaltim ini telah tercatat miliki 23 kasus kematian akibat COVID-19. Tertinggi dibandingkan kabupaten/kota lainnya di Benua Etam.

“Kasus kematian, warga Balikpapan berjenis kelamin perempuan dengan usia 39 tahun. Pasien diketahui memiliki komorbid diabetes mellitus, penyakit jantung, dan anemia,” terang Andi Muhammad Ishak, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim dalam keterangan pers hariannya pada Rabu (5/8/2020) malam.

1. Hanya tiga daerah di Kaltim yang nihil kasus kematian

Balikpapan Kembali Menambah Kasus Kematian Pasien Positif COVID-19Andi Muhammad Ishak, pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kaltim (IDN Times/Yuda Almerio)

Pasien masuk RS Pertamina Balikpapan pada 1 Agustus 2020 lalu. Datang dengan kondisi buruk dan pada hari yang sama dilaporkan meninggal dunia. Sempat dilakukan penanganan pasien dan pengambilan swab. Hasil terkonfirmasi positif pada 2 Agustus 2020.

Khusus kasus kematian masih didominasi Balikpapan lalu disusul Samarinda dengan 12 kasus, selanjutnya Paser dengan 3 pasien konfirmasi positif meninggal dunia. Kemudian Bontang, Kutai Timur, Kutai Kartanegara dan Berau masing-masing 1 kasus.

“Khusus Kutai Barat, Mahakam Ulu, Penajam Paser Utara itu nihil kasus. Belum ada melaporkan kematian pasien positif COVID-19,” terangnya

Baca Juga: Belum Ada Kasus Meninggal di PPU Akibat COVID-19

2. Kasus pasien sembuh dari corona terus bertambah

Balikpapan Kembali Menambah Kasus Kematian Pasien Positif COVID-19Ilustrasi para pasien COVID-19 yang sembuh usai dikarantina di Hotel Asrama Haji. Dok Humas Pemkot Surabaya

Sementara untuk kasus sembuh dari COVID-19 di Kaltim kembali naik pesat. Tercatat ada 58 pasien dilaporkan tahir dari corona dan jumlah akumulasinya menjadi 1.032 orang. Terbanyak dari Balikpapan dengan 33 kasus sembuh, selanjutnya disusul dari Berau dengan 9 pasien, lalu dari Samarinda dengan 8 orang sembuh, Kutai Timur 4 kasus, Bontang 3 pasien dan terakhir dari Kutai Kartanegara 1 kasus.

Semua pasien sembuh ini telah melewati masa karantina mandiri dan rumah sakit selama 10 hari. Sehat secara klinis dan kondisinya baik.  Namun sayangnya, tetap tak melebihi kasus baru yang terkonfirmasi positif yakni 67 kasus baru.

“Dengan demikian dari 1.665 kasus akumulatif, 591 di antaranya masih jalani perawatan,” imbuhnya.

3. Masih ada sebanyak 2.795 sampel swab menanti pemeriksaan

Balikpapan Kembali Menambah Kasus Kematian Pasien Positif COVID-19Ilustrasi virus corona (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

Dari puluhan pasien positif corona baru ini, terbanyak dari Balikpapan. Totalnya 47 kasus. Lalu menyusul Samarinda dengan 9 pasien positif COVID-19, Bontang dengan 3 kasus positif baru kemudian masing-masing Kutai Timur dan Kutai Kartanegara melaporkan 1 pasien positif baru jalani perawatan.

Andi pun berpesan, masih ada potensi kasus positif bertambah sebab masih ada 2.795 sampel swab yang menanti pemeriksaan laboratorium.

“Ingat disiplin dengan protokol kesehatan. Jaga diri dan sesama,” pungkasnya.

Baca Juga: Melonjak Lagi, Positif COVID-19 Kaltim Sudah Mencapai 1.598 kasus

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya