Bertambah 4 Pasien, Total Positif COVID-19 di Kaltim Capai 382 Kasus

Sebagian besar kasus berasal dari pekerja luar daerah

Samarinda, IDN Times - Kasus virus corona atau COVID-19 di Kaltim kembali bertambah. Kini jumlahnya menjadi 382 orang terkonfirmasi positif. Dalam dua pekan terakhir angkanya terus naik.

“Hari ini bertambah 4 kasus,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak saat dikonfirmasi pada Ahad (15/6) petang.

1. Empat kasus menyebar di tiga daerah, semuanya berasal dari pekerja

Bertambah 4 Pasien, Total Positif COVID-19 di Kaltim Capai 382 KasusAndi Muhammad Ishak, pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kaltim (IDN Times/Yuda Almerio)

Lebih lanjut dia menerangkan, empat pasien baru itu berasal dari tiga daerah di Kaltim, yakni Kutai Kartanegara 1 kasus, Paser 2 pasien positif dan Balikpapan 1 kasus. Semuanya berasal dari luar daerah, persisnya karyawan perusahaan yang hendak beraktivitas kembali.

“Keempatnya dirawat di RS Pertamina Balikpapan,” imbuhnya.

2. Pasien sembuh dari COVID-19 di Kaltim sudah ada 262 orang

Bertambah 4 Pasien, Total Positif COVID-19 di Kaltim Capai 382 KasusIlustrasi APD (IDN Times/Candra Irawan)

Meski tak signifikan seperti sehari sebelumnya, kata dia, penambahan pasien sembuh selalu ada, yakni satu orang berasal dari Samarinda. Perempuan, 30 tahun dari klaster Loa Janan. Dirawat di Wisma Atlet Kutai Kartanegara sejak 8 Mei lalu. Seluruh kasus dinyatakan sembuh setelah dua kali dapatkan negatif dari laboratorium Rujukan COVID-19 Kaltim. Dengan demikian, total pasien sembuh menjadi 262 orang. 

“Dokter penanggung jawab pelayanan yang merawat kasus konfirmasi COVID-19 tersebut juga menyebut secara klinis sangat baik dan tidak ada gejala,” terangnya.

Baca Juga: Bertambah Lagi, Total Kasus COVID-19 di Kaltim Kini Menjadi 373 Orang

3. Sebagian besar kasus positif baru di Kaltim berasal dari luar daerah

Bertambah 4 Pasien, Total Positif COVID-19 di Kaltim Capai 382 KasusIlustrasi tenaga medis sebagai garda terdepan menghadapi pasien positif COVID-19. (IDN Times/Candra Irawan)

Andi menerangkan, kondisi Kaltim saat ini masih terjadi penularan. Sebagian berasal dari perjalanan dari luar daerah, lainnya merupakan kontak erat atau transmisi lokal di wilayah masing-masing. Itu sebabnya warga diminta waspada.

“Ingat selalu memakai masker saat berada di luar rumah, rajin cuci tangan, hindari kerumunan dan disiplin terapkan PHBS (perilaku hidup bersih sehat),” pungkasnya.

Baca Juga: Nyaris 70 Persen, Pasien Sembuh COVID-19 di Kaltim Sudah 261 Orang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya