Bertambah 71, Lonjakan Kasus Positif COVID-19 di Kaltim Pecahkan Rekor

Pertambahan terbanyak sepanjang lima bulan terakhir

Samarinda, IDN Times – Angka pandemik virus corona atau COVID-19 di Kalimantan Timur terus bertambah. Ironisnya lonjakan kali ini pecahkan rekor. Ada tambahan 71 pasien positif baru. Penyebaran wabah di Benua Etam ini pun makin tak terbendung.

“Dengan demikian akumulasi positif COVID-19 di Kaltim menjadi 964 kasus,” ujar Andi Muhammad Ishak, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim dalam rilis hariannya pada Selasa (21/7/2020) malam.

1. Mayoritas kasus positif COVID-19 baru berasal dari kalangan karyawan perusahaan

Bertambah 71, Lonjakan Kasus Positif COVID-19 di Kaltim Pecahkan RekorIlustrasi pasien virus corona. ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Lonjakan kasus ini tentu bikin kaget sebab sebelumnya belum pernah terjadi. Sepanjang lima bulan penyebaran wabah corona di Kaltim, baru kali ini kasus alami penambahan sebanyak itu. Dari puluhan pasien positif baru ini sebanyak 76 persen berasal dari karyawan perusahaan di sejumlah kabupaten/kota di Kaltim.

Penegakan protokol kesehatan di perusahaan pun, kembali jadi sorotan. Kukar paling banyak alami penambahan dengan 33 kasus. Dengan ini kabupaten terluas di Kaltim tersebut menyusul Samarinda dan Balikpapan sebagai zona merah penyebaran corona. Akumulasi kasusnya sudah mencapai 143.

“Sementara daerah lain yang dapat lonjakan kasus ialah Balikpapan dengan tambahan 19 pasien positif  baru, kemudian Samarinda 7 kasus, Kutai Timur 6 pasien, Berau ada 4 kasus dan terakhir dari Paser dengan 3 kasus,” imbuhnya.

2. Hanya bertambah empat kasus sembuh dari corona di Benua Etam

Bertambah 71, Lonjakan Kasus Positif COVID-19 di Kaltim Pecahkan RekorIlustrasi COVID-19 (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Sayangnya kenaikan kasus positif COVID-19 di Kaltim tak diimbangi dengan pasien sembuh. Hanya ada 4 orang saja yang tahir dari corona. Dua dari Samarinda lainnya Balikpapan. Dengan demikian total kasus sembuh di Kaltim bertambah jadi 590 dari total 964 kasus akumulatif. Sedangkan untuk kasus kematian sejauh ini 19 orang. Menyisakan 355 kasus masih dalam perawatan.

“Tentunya besar harapan pasien lain juga ikut menyusul sembuh,” tutur Andi.

Baca Juga: Waspada! Kasus COVID-19 di Kaltim Bisa Tiba-tiba Melonjak Tajam

3. Positif COVID-19 di Kaltim masih bisa bertambah

Bertambah 71, Lonjakan Kasus Positif COVID-19 di Kaltim Pecahkan RekorIlustrasi virus corona (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

Adanya kenaikan kasus positif yang signifikan, dia berharap masyarakat jauh lebih waspada. Paling mudah taat dengan protokol kesehatan. Cukup ikuti tiga aktivitas dengan rutin. Hindari kerumunan, pakai masker di luar ruangan dan rajin cuci tangan. Ingat masih ada 1.424 sampel swab yang menanti diperiksa laboratorium. Itu artinya ada potensi kasus bertambah lagi.

“Mari jaga diri dan jaga sesama,” pesannya kemudian menutup perbincangan.

Baca Juga: Soal COVID-19 Bisa Menyebar Lewat Udara, IDI Kaltim: Masih Tanda Tanya

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya