Dalam Sehari 3 Pasien Positif COVID-19 di Kaltim Meninggal Dunia

Satgas corona minta warga disiplin protokol kesehatan

Samarinda, IDN Times - Kalimantan Timur sudah masuk gelombang kedua penyebaran virus corona atau COVID-19. Saban hari kasus positif baru selalu ada. Hari ini saja bertambah 30 pasien. Bahkan di luar penambahan ini tiga antaranya dilaporkan meninggal dunia dalam sehari.

“Penyebaran kasus kian masif, kami harap warga makin waspada,” ujar Andi Muhammad Ishak, juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim dalam rilis hariannya via Zoom pada Rabu (22/7/2020) malam.

1. Ada tiga pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang meninggal dunia di Kaltim

Dalam Sehari 3 Pasien Positif COVID-19 di Kaltim Meninggal DuniaAndi Muhammad Ishak, pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kaltim (IDN Times/Yuda Almerio)

Bukan tanpa alasan pelaksana tugas kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kaltim ini berikan peringatan. Menilik akumulasi kasus positif COVID-19 di Benua Etam jumlahnya nyaris 1.000 kasus persisnya 994. Lonjakan pasien positif corona ini menyebar di enam kabupaten/kota Kaltim. Paling banyak Balikpapan dengan 9 kasus, menyusul Samarinda 8 pasien positif baru, lalu Kutai Barat dan Kutai Kartanegara sama-sama menambah 4 kasus baru, Penajam Paser Utara ada 3 positif corona, terakhir dari Kutai Timur dengan 2 kasus.

“Sementara kasus terkonfirmasi COVID-19 dilaporkan meninggal dunia pada 22 Juli 2020 ada tiga pasien. Dua dari Samarinda satunya lagi dari Balikpapan,” imbuhnya.

2. Kasus sembuh dari COVID-19 juga bertambah 30 orang

Dalam Sehari 3 Pasien Positif COVID-19 di Kaltim Meninggal DuniaIlustrasi pasien COVID-19 (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Syukurnya dari penambahan 30 kasus positif COVID-19 baru ini juga diimbangi dengan 30 pasien sembuh dari corona.Terbanyak dari Kutai Timur dengan 18 kasus tahir dari COVID-19, disusul Balikpapan 10 pasien sembuh dan terakhir dari dua orang dari Kutai Kartanegara. Dengan demikian, total pasien COVID-19 sembuh di Kaltim pun bertambah menjadi 620 orang. Sedangkan yang masih dirawat adalah 352 dari 994 kasus akumulatif.

“Semua pasien sembuh sudah dua kali negatif swab dan kondisinya sangat baik tanpa gejala. Kita harap pasien lain juga demikian, alami kesembuhan,” imbuhnya.

Baca Juga: Bertambah 71, Lonjakan Kasus Positif COVID-19 di Kaltim Pecahkan Rekor

3. Kasus corona di Kaltim makin melonjak, warga diminta makin taat dengan protokol kesehatan

Dalam Sehari 3 Pasien Positif COVID-19 di Kaltim Meninggal DuniaIlustrasi APD (IDN Times/Candra Irawan)

Dengan adanya jumlah kasus yang masih begitu tinggi, Andi mendorong peningkatan kepedulian dan kesadaran dalam menjalankan protokol kesehatan. Mendisiplinkan lagi pola-pola yang selama pandemik ini selalu dikampanyekan.

“Ingat gunakan masker dalam berbagai aktivitas. Jaga jarak. Hindari kerumumunan. Serta rutin mencuci tangan,” pungkasnya.

Baca Juga: Soal COVID-19 Bisa Menyebar Lewat Udara, IDI Kaltim: Masih Tanda Tanya

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya