Comscore Tracker

Dua Daerah di Kaltim Berulang Kali Tanpa Kasus COVID-19 Harian

Kinerja satgas dan warga Kaltim patut diapresasi!

Samarinda, IDN Times - Hingga kini Kalimantan Timur (Kaltim) masih terus mengonfirmasi kasus positif COVID-19. Meski demikian perlahan-lahan melandai. Buktinya Bontang dan Mahakam Ulu (Mahulu) menjadi dua dari 10 kabupaten/kota di Benua Etam yang beberapa kali mencatatkan nol konfirmasi virus corona harian.

“Kinerja semua satgas dan kepedulian masyarakat secara umum sangat baik, karena tren COVID-19 terus menurun,” ujar Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim, Yudha Pranoto seperti dilansir dari rilis resmi Pemprov Kaltim, Senin (10/5/2021).

1. Bontang dan Mahulu berulang kali tanpa kasus positif harian

Dua Daerah di Kaltim Berulang Kali Tanpa Kasus COVID-19 HarianIlustrasi pasien yang dinyatakan sembuh dari COVID-19. ANTARA FOTO/Ampelsa

Data terbaru dari Satgas Penanganan COVID-19 Kaltim mengumumkan tambahan 92 kasus terkonfirmasi positif virus corona di provinsi ini. Dengan perincian Berau 6 kasus, Kutai Barat 8 kasus, Kutai Kartanegara 17 kasus, dan Kutai Timur 1 kasus. Selain itu Paser 11 kasus, Penajam Paser Utara 1 kasus, Balikpapan 21 kasus, Bontang 3 kasus, dan Samarinda 24 kasus.

Sementara penambahan pasien sembuh dari COVID-19 dilaporkan sebanyak 125 kasus. Meliputi Berau 21 kasus, Kutai Barat 21 kasus, Kutai Kartanegara 5 kasus, Kutai Timur 4 kasus, dan Mahakam Ulu 8 kasus. Diikuti Paser 6 kasus, Penajam Paser Utara 3 kasus, Balikpapan 21 kasus, Bontang 6 kasus, dan Samarinda 30 kasus. Adapun penambahan pasien meninggal dunia dilaporkan sebanyak 2 kasus. Terdiri dari Kutai Kartanegara 1 kasus dan Balikpapan 1 kasus.

“Kami mengapresiasi kasus virus corona yang kian melandai di Kaltim. Ini juga buah dari kepedulian di masyarakat dalam pengendalian kasus. Bontang dan Mahulu lebih spesial, karena beberapa kali sukses membuat nol kasus,” jelasnya.

Baca Juga: Duka Satpol PP Samarinda, Gegara Tugas Tak Bisa Lebaran Sama Keluarga

2. Taat prokes satu-satunya cara mudah mencegah virus corona

Dua Daerah di Kaltim Berulang Kali Tanpa Kasus COVID-19 HarianIlustrasi (ANTARA FOTO/Fauzan)

Dengan adanya tambahan tersebut maka akumulasi kasus COVID-19 di Kaltim telah mencapai 69.673 atau 1.872,2 kasus per 100 ribu penduduk dengan positif rate 25,8 persen dari kasus diperiksa. Sedangkan total pasien sembuh mencapai 66.742 atau 95,8 persen dari akumulasi kasus positif dan kematian 1.671 atau 2,4 persen. Menyisakan 1.259 kasus aktif atau masih menjalani perawatan maupun isolasi mandiri.

Menurut Yudha, masing-masing daerah memang memiliki tantangan masing-masing dalam penanganan COVID-19 ini. Baik dari jumlah penduduk, tingginya jumlah pendatang dan karakter umum masyarakat setempat terkait kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan.

“Prokes itu satu-satunya cara mudah mencegah penyebaran virus corona,” tegasnya.

3. Selain Satgas Penanganan COVID-19, warga juga patut mendapat apresiasi

Dua Daerah di Kaltim Berulang Kali Tanpa Kasus COVID-19 HarianIlustrasi pemakaman jenazah COVID-19. ANTARA FOTO/Ampelsa

Namun demikian, kata dia, kinerja satgas dan kepedulian masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan 5M ini patut dihargai. Kasus positif pada Ahad pekan lalu hanya 88 kasus, masih di bawah angka 100.

“Tentu ini capaian yang baik dan harus terus kita upayakan penurunannya," pungkasnya.

Baca Juga: Masih Baru, Ragam Masalah Bakal Dihadapi Sistem E-Parking di Samarinda

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya