Geger! Jasad Tanpa Identitas Ditemukan dengan Tangan Terborgol

Ada luka sayatan, polisi selidiki dugaan pembunuhan

Kutai Kartanegara, IDN Times - Warga Kelurahan Pendingin, Kecamatan Sangasanga dikejutkan dengan penemuan jenazah tanpa identitas alias Mr X pada Senin (6/1). Kejadian ini tak hanya bikin kaget warga tapi juga polisi, sebab saat ditemukan jenazah dalam kondisi tangan terborgol.

Dugaan menjadi korban kejahatan pun beredar, namun polisi tak gegabah mengambil hipotesis tersebut.

1. Jasad Mr X punya luka sayatan di bagian pipi

Geger! Jasad Tanpa Identitas Ditemukan dengan Tangan TerborgolIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Heradi (29) juru mudi (anak buah kapal/ABK) TB Intan Megah 24 yang kali pertama menemukan jasad tersebut. Lantaran ditemukan dalam kondisi mengundang tanya, jenazah tanpa identitas itu pun langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) AW Sjahranie untuk mendapatkan autopsi.

Dari pemeriksaan awal Tim Indonesia Automatic Finger Print Identification System (Inafis) Polres Kukar, polisi menemukan adanya luka di bagian pipi kiri dengan panjang lima sentimeter, kemudian ada pula luka seperti sayatan di daun telinga kiri bagian bawah mayat.

Kepala instalasi forensik RSUD AW Sjahranie, dr. Kristina Uli Gultom, Sp. FM  dalam keterangan persnya tak menampik dengan luka-luka yang dimilki jasad tersebut. Namun untuk persoalan waktu kematian medikus tersebut tak bisa berkomentar banyak.

"Kondisinya sudah membusuk dan sulit untuk mengetahui penyebab kematian sebelum hasil uji laboratorium keluar," katanya pada Selasa (7/1).

Baca Juga: Musisi di Samarinda Tewas Ditikam saat Membersihkan Panggung Pentas

2. Polisi masih menunggu hasil uji laboratorium

Geger! Jasad Tanpa Identitas Ditemukan dengan Tangan TerborgolKasat Reskrim Polres Kukar AKP Andika Dharma Sena saat memberikan keterangan kepada media (Dok.IDN Times/Istimewa)

Tak hanya itu, dari hasil pemeriksaan petugas menemukan rupiah senilai Rp17 ribu, korek api dan kunci rumah. Demi kepentingan penyelidikan autopsi juga dilakukan didampingi dokter ahli forensik.

Kasat Reskrim Polres Kukar AKP Andika Dharma Sena pun tak banyak berkomentar mengenai penemuan jasad tersebut lantaran masih menunggu uji laboratorium. Meskipun demikian, pihaknya sudah menghimpun keterangan sejumlah saksi.

"Saksi penemuan pertama adalah ABK sudah kami mintai keterangan, termasuk warga sekitar,” sebutnya.

3. Dugaan korban pembunuhan diselidiki polisi

Geger! Jasad Tanpa Identitas Ditemukan dengan Tangan TerborgolIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Patut menjadi pertanyaan ialah mayat tersebut ditemukan dalam keadaan terborgol dengan sejumlah luka, diduga bekas sayatan benda tajam. Apakah jenazah tanpa nama ini merupakan korban kejahatan.

Namun yang pasti kondisi jenazah membusuk setelah tiga hari di perairan Sungai Mahakam. Untuk lebih jelasnya tentu menunggu hasil dari laboratorium. “Kami selidiki dulu. Apakah ini korban pembunuhan atau bukan,” pungkasnya.

Baca Juga: Bakal Ada Tersangka dalam Kasus Balita Tanpa Kepala di Samarinda

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya