Takut Diceraikan, Ibu Kandung Biarkan Anaknya Dicabuli Ayah Tirinya

Sudah enam kali dilakukan, saat beraksi ibu ikut memegangi

Samarinda, IDN Times - Lantaran tak puas dengan sang istri, seorang pria berinisial AL (50) tega mencabuli anak tirinya, Mentari (11) - bukan nama sebenarnya. Ironisnya saat melakukan aksi bejat tersebut, sang ibu, RS (42) bukan menghalangi, justru ikut membantu sang suami. 

Informasi yang dihimpun IDN Times, peristiwa itu terjadi di salah satu hotel di Samarinda Seberang. Kedua tersangka merupakan warga Loa Janan Ulu, Kutai Kartanegara. Syukurnya perbuatan asusila itu berhenti saat Unit Reskrim Polsek Samarinda Seberang menangkap keduanya pada Sabtu (21/9) pekan lalu.

"Ibunya berikan ruang karena ketakutan dengan masa lalunya yang erat dengan perceraian. Jika tak menurut diancam cerai," kata Kapolsek Samarinda Seberang, Kompol Suko Widodo, kepada sejumlah media, Selasa (24/9).

1. Setahun lebih Mentari menahan pedih karena dicabuli ayah tiri

Takut Diceraikan, Ibu Kandung Biarkan Anaknya Dicabuli Ayah Tirinya(Ilustrasi melakukan perbuatan asusila) IDN Times/Sukma Shakti

Polisi berpangkat melati satu itu pun mengisahkan nestapa yang dihadapi Mentari setahun belakangan ini. Selama 360 hari, Mentari harus menahan pedih karena perlakuan orangtuanya.

AL, pria yang meminang siri ibunya itu, masuk ke kehidupan keluarga saat Mentari berusia 3 tahun. Semua itu berubah tatkala Mentari bertambah usia. 

"Dari pengakuan tersangka, semenjak Mentari terlihat dewasa, ada bisikan untuk melakukan hal-hal tidak pantas kepada anak tirinya," katanya.

Baca Juga: Komnas HAM Nilai Perlindungan Korban Pencabulan Belum Dijamin RKUHP

2. Enam kali dicabuli, selalu dilakukan di hotel, ibu korban ikut membantu

Takut Diceraikan, Ibu Kandung Biarkan Anaknya Dicabuli Ayah Tirinya(Ilustrasi penganiayaan) IDN Times/Sukma Shakti

Demi memuluskan langkah AL berbuat mesum, lebih dulu dia mengajak istrinya, RS serta anaknya menginap di hotel di Samarinda Seberang. Entah tak puas dengan istrinya saat bersetubuh, AL lalu melampiaskan semua nafsu bejatnya ke anak tirinya itu. Dan dalam aksi itu, ibu korban turut memegang Mentari biar tak berontak.

 "Ada enam kali dia (AL) melakukan tindakan asusila, namun hanya sekali tersangka menyetubuhi korban," terangnya.

3. Nekat loncat dari motor demi bebas dari belenggu ayah tiri

Takut Diceraikan, Ibu Kandung Biarkan Anaknya Dicabuli Ayah TirinyaIDN Times/Sukma Shakti

Muak dengan tindakan tersebut. Jumat (20/9) pekan lalu saat Mentari diantar oleh AL ke sekolah, dia nekat loncat dari motor. Bukan tanpa alasan gadis belia itu mengambil tindakan berbahaya tersebut. Mentari curiga dia hendak digauli lagi, sebab ayah tirinya itu tak berhenti ke sekolah, melainkan mengambil jalur berbeda.

"Setelah lolos dari ayahnya itu, korban berlari ke sekolahnya. Lalu menceritakan semua kejadian itu kepada gurunya," jelas perwira melati satu itu.

4. Tersangka hendak melarikan diri saat ditangkap

Takut Diceraikan, Ibu Kandung Biarkan Anaknya Dicabuli Ayah TirinyaIDN Times/Sukma Shakti

Dari situ, tindakan hukum diambil oleh guru Mentari dengan melaporkan semua yang dikisahkan muridnya itu ke Polsek Loa Janan. Dari situ, keduanya dianjurkan ke Polsek Samarinda Seberang sebab tempat kejadian perkara berada di wilayah hukum Polsek Samarinda Seberang. 

"Tersangka AL kami bekuk di jalan kawasan Loa Janan, saat itu hendak melarikan diri. Sementara, ibu korban juga ditangkap di rumahnya kawasan Loa Janan Ulu," sebutnya.

Dia menambahkan, kasus ini masih dalam penyelidikan dan penyidikan, akibat perbuatannya HA diancam dengan Pasal 81 dan 82 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman 15 tahun penjara.

Baca Juga: Modal Rp20 ribu, Oknum Polisi di Balikpapan Cabuli Lima Murid SD

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya