Waduh! Setiap Hari Warga Samarinda Bisa Hasilkan 601 Ton Sampah

Sebanyak 19 persen di antaranya merupakan sampah plastik

Samarinda, IDN Times - Masalah di Samarinda tak hanya banjir, sampah juga jadi persoalan yang tak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, dari catatan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda pada 2019 lalu saban hari ibu kota Kaltim ini hasilkan 601 ton atau setara 601 ribu kilogram sampah. Dari jumlah itu 19 persen di antaranya ialah sampah plastik atau anorganik.

“Sampah plastik ini macam-macam kategorinya. Bukan hanya kantong plastik, tapi juga bungkus permen hingga bungkus makanan ringan,” ujar Nurrahmani, kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda saat dikonfirmasi pada Rabu (26/8/2020) sore.

1. Per hari Kecamatan Samarinda Utara bisa menyumbang 90,52 ton sampah

Waduh! Setiap Hari Warga Samarinda Bisa Hasilkan 601 Ton Sampahunsplash/Cristian Palmer

Dari ratusan ton itu paling besar ialah kategori sampah organik seperti sisa makanan, daun, kertas hingga ranting pohon. Jumlahnya 60 persen, sisanya 21 persen berasal dari ragam sampah, salah satunya ialah bahan berbahaya dan beracun (B3). Masih dari data DLH Samarinda, ratusan ton sampah ini tersebar di sepuluh kecamatan di Samarinda. Dari semuanya kawasan paling banyak hasilkan sampah ialah Samarinda Utara. Per hari kecamatan ini menyumbang 90,52 ton.

“Jumlah penduduk memang mempengaruhi jumlah produksi sampah. Di Samarinda Utara penduduknya paling banyak, totalnya ada 129.319 jiwa. Jadi wajar kalau di sana (Samarinda Utara) banyak hasilkan sampah,” terangnya.

2. Samarinda Kota paling sedikit hasilkan sampah

Waduh! Setiap Hari Warga Samarinda Bisa Hasilkan 601 Ton SampahIDN Times/Wayan Antara

Menyusul Samarinda Ulu dengan produksi sampah sebanyak 89,62 ton, lalu Sungai Kunjang dengan 84,07 ton, kemudian Sungai Pinang ada 77,06 ton selanjutnya Samarinda Ilir memproduksi 53,51 ton, Samarinda Seberang 52,41 ton, Loa Janan Ilir 51,62 ton, Palaran 44,71 ton, Sambutan 43,05 ton dan paling sedikit di antara semua daerah ialah Samarinda Kota 24,36 ton.

“Jika dihitung, satu orang bisa menghasilkan sekitar 0,7 kilo gram dalam satu hari,” terangnya.

Baca Juga: Sedih! Kekerasan Terhadap Anak Marak Terjadi di Kabupaten PPU Kaltim

3. Kurangi produksi sampah dari rumah masing-masing

Waduh! Setiap Hari Warga Samarinda Bisa Hasilkan 601 Ton SampahIDN Times/Ayu Afria

Dia menambahkan, banyak cara dilakukan demi menjaga lingkungan. Tak hanya membiasakan diri mengurangi penggunaan plastik, yang membutuhkan waktu ribuan tahun agar terurai, tapi juga dimulai dengan tak buang sampah sembarangan. Perpres 97/2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, menargetkan pengurangan sampah nasional hingga 30 persen pada 2025. Metode lainnya ialah reduksi produksi sampah dengan menjalankan program bank sampah. Kegiatan tersebut mendorong masyarakat memilah sampah dari sumbernya. 

“Sederhananya, memisahkan sampah kering dan basah. Itu bisa dilakukan mulai dari rumah,” pungkasnya.

Baca Juga: BLK Samarinda Kemnaker Salurkan APD untuk Tim Gugus Tugas di Samarinda 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya