Kejurnas Gulat Piala Gubernur Kaltim 2023 Diikuti 167 Atlet

Kejuaraan diikuti empat provinsi di Indonesia

Samarinda, IDN Times - Sebanyak 167 pegulat meramaikan persaingan Kejuaraan Nasional Open Tournament Gulat se-Indonesia untuk memperebutkan Piala Gubernur Kaltim 2023 di gedung serba guna Stadion Gelora Kadrie Oening, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

"Ada empat provinsi yang ikut berpartisipasi pada kejuaraan memperebutkan Piala Gubernur Kaltim ini yakni Kalimantan Utara, Sumatera Barat, Jawa Timur, dan tuan rumah Kalimantan Timur yang dilaksanakan 26-30 Mei 2023," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur Agus Hari Kesuma dilaporkan Antara saat membuka acara, Minggu (28/5/2023).

1. Cabang olahraga dipertandingkan dari PON hingga Olimpiade

Kejurnas Gulat Piala Gubernur Kaltim 2023 Diikuti 167 AtletIDN Times/Hasudungan N

Agus menuturkan, gulat adalah cabang olahraga prestasi yang masuk ke dalam olahraga yang dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON), SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade.

"Karena itu, prestasi Kaltim di cabang olahraga ini harus ditingkatkan kalau mau berprestasi di tingkat Nasional maupun Internasional," ungkap Agus.

Beberapa pegulat Kaltim telah berhasil menunjukkan prestasi terbaiknya pada tingkat nasional dan internasional seperti PON, SEA Games, dan Asian Games. Agus mengatakan bahwa prestasi tersebut harus terus dipertahankan dan dijadikan sebagai contoh bagi pegulat Kaltim yang lain.

Baca Juga: Polresta Samarinda Tahan Sopir Honorer yang Tabrak Balita hingga Tewas

2. Pengembangan atlet gulat junior

Kejurnas Gulat Piala Gubernur Kaltim 2023 Diikuti 167 AtletIlustrasi atlet gulat Indonesia (IDN Times/Dokumen pribadi)

Ia menekankan bahwa Pengprov PGSI serta sasana gulat yang ada di kabupaten/kota di Kaltim harus meningkatkan kepedulian kepada atlet gulat junior. Hal itu sebagai upaya pembibitan atlet berprestasi dengan program dan kegiatan yang terencana dengan baik.

Ia meminta pelatih untuk memberikan program dan bimbingan kepada para pegulat agar mencapai prestasi terbaik.

"Laksanakan lah kejurnas ini dengan baik, sesuai peraturan dan ketentuan yang ada. Bersikap sportif dan mengedepankan persatuan dan kesatuan," katanya.

3. Menumbuhkan semangat persahabatan

Kejurnas Gulat Piala Gubernur Kaltim 2023 Diikuti 167 AtletDok.IDN Times/istimewa

Sementara itu, Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga PGSI Kaltim Masturi Akbar dalam laporannya menyebutkan kegiatan tersebut bertujuan menumbuhkan semangat persahabatan, persaudaraan atlet dan pelatih, serta membentuk karakter mental tanding yang optimal agar terjadi peningkatan kematangan kompetisi.

Kejuaraan itu dibagi ke dalam beberapa kategori, pertama bebas putra dan bebas putri, serta ada 30 kelas tanding yang dimainkan.

Kegiatan tersebut dihadiri Asisten Deputi Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi Kemenpora Bayu Rahardian, Ketua Koni Kaltim, serta Ketua Igornas Kaltim.

Baca Juga: Jemaah Haji Samarinda akan Berangkat Lewat Embarkasi Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya