TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sungai Mahakam sebagai Tempat Keramat Masyarakat Mahulu

Sungai melintasi kota/kabupaten di Kalimantan Timur

Jembatan Samarinda di Sungai Mahakam. Instagram.com/bayuwirahadik

Mahulu, IDN Times - Sungai Mahakam merupakan sungai yang sangat terkenal di Kalimantan Timur (Kaltim).  Namun tahukah Anda bahwa di sungai ini dikenal masyarakat sebagai tempat angker di Mahakam ulu. Sungai sepanjang 920 kilometer yang aliran airnya melintasi Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Samarinda, hingga Selat Makassar. 

Di balik keindahannya, Sungai Mahakam ini menyimpan mitos yang banyak diceritakan masyarakat. Salah satunya tentang mitos seekor ular naga yang mendiami Sungai Mahakam. 

Seperti apa sebenarnya mitos tentang Sungai Mahakam? Yuk, keep scrolling aja. 

Baca Juga: Sejarah Kerajaan Kutai sebagai Cikal Bakal Masyarakat di Kaltim

1. Misteri seekor naga Mahakam

www.indonesiakaya.com

Jika menceritakan kisah misteri di Sungai Mahakam pasti tidak terlepas dari cerita seekor naga. Naga ini menjadi satu legenda yang ceritanya bahkan sudah ada dalam cerita rakyat. Namanya legenda, kisah naga ini tetaplah cerita yang belum dibuktikan kebenarannya.

Awal mula terjadinya kisah naga sungai ini terjadi pada tahun 2017, di mana ada seorang pria misterius yang nekat terjun ke Sungai Mahakam. Tepatnya berada di lokasi pelabuhan penyeberangan tambangan. Bahkan masyarakat berspekulasi jika ada manusia yang melihat naga tersebut maka akan ikut terjun ke dalam Sungai Mahakam.

Pada saat kejadian pria yang terjun ke sungai itu, banyak masyarakat yang menyaksikannya. Entah keberadaan naga tersebut benar atau tidaknya masih misterius, namun cerita ini sudah banyak beredar di masyarakat. Ada masyarakat sekitar yang bahkan melihat sosok naga ini, matanya terlihat sangat jelas dan memiliki tubuh yang sangat besar.

2. Mitos tentang kisah naga di Sungai Mahakam

Ilustrasi tongkang yang mengangkut hasil tambang, batu bara, saat melewati Jembatan Kembar di Sungai Mahakam di Samarinda (IDN Times/Yuda Almerio)

Namun, kisah naga ini dahulu sampai sekarang hanya ada dalam cerita sehingga layaknya sebuah legenda yang dipercayai masyarakat. Namanya legenda itu sudah menjamur di mata masyarakat. Entah keberadaannya benar atau tidak kita pun tidak bisa membuktikannya karena makhluk kasad mata yang tidak mungkin kita dapat lihat.

Cerita lainnya ada di tahun 1980, di mana saat tengah malam seekor naga muncul di permukaan Sungai Mahakam. Entah masyarakat tersebut benar-benar jelas melihatnya, ia menggambarkan bahwa sesosok naga ini sangat besar tubuhnya, hingga membuat masyarakat makin panik dengan adanya kejadian ini.

Terlepas dari itu semua, yang namanya sungai besar dan luas seperti Sungai Mahakam ini, jelas jika terdapat beberapa hal gaib. Kita harus mempercayai bahwa jin dan iblis memang ada di bumi ini.  Ditambah lagi masyarakat Kaltim ini mayoritas Suku Dayak yang masih meyakini hal-hal gaib seperti itu.

Baca Juga: Asal Usul dan Sejarah Singkat Kota Balikpapan 

Berita Terkini Lainnya