Comscore Tracker

Pesona Misterius Gua Haji Mangku Tersembunyi di Pulau Maratua 

Wisata jelajah gua sembari berenang dan menyelam

Berau, IDN Times - Para pelancong penggemar aktivitas outdoor diving di area caving, trekking, ataupun freedive di gua pasti akan takjub. Bumi nusantara ada banyak destinasi wisata untuk menyalurkan hobi kalian itu. Salah satunya bernama Gua Haji Mangku. 

Apakah kalian sudah familier dengan lokasi wisata itu? 

Nah, artikel di bawah ini akan khusus membedah keindahannya yang belum banyak diketahui wisatawan. Yuk sama-sama kita pantau nih. 

1. Tentang Gua Haji Mangku

Gua Haji Mangku adalah wisata alam untuk para traveler yang menyukai tantangan dalam petualangan. Gua ini terletak di Kepulauan Derawan Berau Kalimantan Timur (Kaltim), tepatnya di Pulau Maratua. 

Pulau Maratua sendiri merupakan pulau kecil dengan wisata alam keindahan laut dan habitat alam. Sedangkan guanya terletak sepuluh meter dari bibir pantai Pulau Maratua ini. 

Sejak tiga tahun terakhir menjadi wisata favorit bagi para turis lokal maupun asing.

Lokasi Gua Haji Mangku berada di tengah-tengah hutan dan dikelilingi oleh pohon yang sangat rimbun. Untuk wisatawan yang ingin mendatangi gua ini dapat melakukan trekking ringan melewati hutan-hutan kecil. Perjalanan melewati hutan rimbun harus dilakukan dengan hati-hati, karena beberapa lokasi memiliki pijakan karang tajam. 

Lokasi yang akan dituju memerlukan waktu kurang lebih 10 menit dari titik awal perjalanan. Pengunjung yang datang ke Gua Haji Mangku akan disambut oleh bibir gua yang berbentuk memanjang dengan air jernih berwarna kebiru-biruan.

Baca Juga: Petunjuk dan Tips Berwisata ke Pulau Derawan 

2. Asal usul Gua Haji Mangku

Sejarah pembentukan Gua Haji Mangku akibat adanya suatu proses alam yang melubangi batuan dan meninggalkan jejak berupa rongga-rongga. Selain itu juga, beberapa cerita yang menjelaskan asal muasal nama Gua Haji Mangku.

Nama Haji Mangku berasal dari sebutan masyarakat Pulau Maratua yang mengenal tanah ini gua sebagai tanah perorangan milik seorang haji yang bernama Haji Mangku.

Namun saat ini nama gua tersebut juga dinamakan sebagai Gua Halo Tabung.

Bagi wisatawan yang telah sampai di lokasi Gua Haji Mangku, dapat memasuki Gua Haji Mangku dengan dua cara yaitu terjun langsung dari atas gua atau masuk dari bagian mulut gua yang berada di bagian bawah.

Mulut Gua Haji Mangku setengahnya ditutupi oleh air.

Waktu terbaik untuk mendatangi lokasi Gua Haji Mangku adalah saat siang hari, karena pada saat itu cahaya matahari masuk ke dalam gua bahkan menembus bagian dalam gua dan membuat air di sekitar Gua Haji Mangku terlihat biru dan jernih.

3. Daya tarik wisata Gua Haji Mangku

Wisata Gua Haji Mangku memang terbilang cukup sulit ditempuh sehingga tidak banyak wisatawan yang mengunjungi lokasi ini. Namun beberapa kegiatan wisata yang dapat dilakukan di Gua Haji Mangku seperti trekking yang menantang, diving di air yang sangat jernih, dan kegiatan lainnya.

Karena Gua Haji Mangku merupakan wilayah yang masih asri, fasilitas wisata alam Gua Haji Mangku belum dilengkapi sarana dan prasarana publik. Sehingga baik para traveler yang ingin berkunjung ke Gua Haji Mangku agar menyiapkan sendiri bekal makanan dan minuman serta peralatan penunjang lainnya.

Jam operasional wisata alam Gua Haji Mangku yaitu selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Artinya wisata ini dibuka setiap saat sehingga wisatawan dapat leluasa mengatur waktu berkunjung ke Gua Haji Mangku.

Tidak disarankan bagi para wisatawan yang berkunjung pada malam hari, terutama ketika cuaca tidak mendukung dan keadaan di sekitar sangat gelap. Hal ini karena dapat menghambat anda menikmati panorama keindahan Gua Haji Mangku.

Baca Juga: Senangnya Staycation di Pulau Derawan yang Indah

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya