Polda Kaltim akan Gelar Vaksinasi Merdeka untuk Anak

Target berikutnya pelaksanakan vaksin ke desa-desa

Balikpapan, IDN Times - Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Kaltim) terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 6 hingga 11 tahun. Upaya ini dilakukan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen yang sudah dilaksanakan di sejumlah kabupaten-kota. 

Kapolda Kaltim Inspektur Jenderal Pol Imam Sugianto didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayan Balikpapan Muhaimin dan Kadiskes Kota Balikpapan Andy Sri Juliarty meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi anak di SD 004 dan SD 0015 Kelurahan Sepinggan Kecamatan Balikpapan Selatan.

“Di SD 015 dan SD 004 total siswa yang disuntik (divaksin) di sini total 670-an hari ini,” kata Imam di sela-sela disela kunjungan, Selasa (11/01/2022).

1. Vaksinasi anak sudah 75 persen

Polda Kaltim akan Gelar Vaksinasi Merdeka untuk AnakVaksinasi untuk anak digelar Polda Kalimantan Timur di Balikpapan, Selasa (11/1/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Imam mengatakan, vaksinasi khusus anak juga digelar serempak di Sentra Vaksinasi Gedung BSSC Dome Balikpapan. Di lokasi ini dilakukan vaksinasi kepada 2.000 anak.

“Polresta Balikpapan melaksanakan vaksinasi untuk anak di Dome,” jelasnya.

Kata dia dengan gencarnya akselerasi pelaksanaan vaksinasi, cakupan vaksinasi anak di Kota Balikpapan hampir 73 persen. Harapannya, daerah lain di Kaltim juga bisa menggelar vaksinasi anak.

“Mudah-mudahan khusus Balikpapan bisa capai 100 persen. Besok (Rabu) kita harapkan vaksinasi untuk lansia untuk Kaltim sudah mencapai 60 persen,” ujarnya.

Baca Juga: Wali Kota Balikpapan Pastikan Penerapan Prokes dalam PTM 100 Persen

2. Akan laksanakan vaksin Anak Merdeka

Polda Kaltim akan Gelar Vaksinasi Merdeka untuk AnakVaksinasi untuk anak digelar Polda Kalimantan Timur di Balikpapan, Selasa (11/1/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Jika cakupan vaksinasi lansia telah mencapai 60 persen, lanjut Imam, maka bisa digelar vaksinasi Anak Merdeka di seluruh kota dan kabupaten di Kaltim.

Vaksinasi Anak Merdeka bersama TNI dan stakeholder terkait.

“Kalau itu sudah tercapai, vaksinasi Merdeka untuk anak akan kita berlakukan di 10 kabupaten kota di seluruh Kaltim,” tegasnya.

“Kita terus bekerja sama bersinergi dengan Dinas Pendidikkan, Dinas Kesehatan, TNI, Polri dan stakeholder terkait. Ya, kita kerja sama untuk menuntaskan vaksinasi maksimal,” paparnya.

3. Target berikutnya pelaksanaan vaksin ke desa-desa

Polda Kaltim akan Gelar Vaksinasi Merdeka untuk AnakVaksinasi untuk anak digelar Polda Kalimantan Timur di Balikpapan, Selasa (11/1/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Imam mengatakan, dalam waktu dekat Polda Kaltim bekerja sama dengan pemerintah daerah juga akan melaksanakan vaksinasi ke desa-desa.

“Kemarin saya ketemu Pak Gubernur, dan beliau menyampaikan akan melaksanakan vaksinasi ke desa-desa, ada yang satu desa 30 KK atau 20 KK. Kita susun skema bagaimana mendatangi warga tersebut untuk memberikan vaksinasi,” ujarnya.

Di mana desa-desa tersebut sulit disentuh, kata Imam, akan didatangi dengan membawa petugas dan vaksin terbatas untuk memberikan vaksinasi terutama di kabupaten-kabupaten yang terjauh.

Baca Juga: Realisasi Pajak Daerah di Kaltim Tembus Angka Rp4,7 Triliun

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya