TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pertamina Sambut Bulan Energy dan Loss KPI Area Balikpapan

Industri pengolahan menuju era 4.0

Webinar diselenggarakan Kilang Pertamina Internasional Unit Balikpapan. Foto Pertamina

Balikpapan, IDN Times - Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan menggelar webinar berjudul transformasi digital dalam mengoperasikan kilang di era 4.0. Webinar menghadirkan tokoh Dahlan Iskan dengan diikuti 400 peserta, Jumat (10/9/2021). 

"Transformasi digital dalam mengoperasional kilang memainkan peranan penting di era revoulusi industri 4.0. Industry 4.0 adalah industri yang bergerak dengan mengoptimalkan aspek-aspek teknologi sehingga membuat proses produksi menjadi lebih efektif dan efisien," kata Direktur Operasi PT Kilang Pertamina Internasional Yulian Dekri

1. Memasuki industri 4.0

Ilustrasi kilang minyak Pertamina (Dok. Pertamina)

Yulian mengatakan, sektor industri pengolahan migas telah memasuki era 4.0. Bahwa di dalam operasional kilang selain menghasilkan energi, kilang juga memerlukan energi untuk operasionalnya.

"Fokus kita tidak hanya menggunakan energi sesuai yang kita targetkan tapi bagaimana juga mengendalikan energi untuk mendukung operasional kilang," ujarnya.

Oleh karena itu, Yulian mengharapkan dari webinar yang dilaksanakan dalam rangka bulan Energy & Loss KPI Area Balikpapan tahun 2021 ini dapat membuka wawasan pandangan para pekerja Pertamina untuk mengagas inovasi-inovasi  mendukung revolusi industri saat ini. 

2. Program restrukturiasi di tubuh Pertamina

Ilustrasi kilang minyak Pertamina (Dok. Pertamina)

Dalam webinar itu, Yulian juga menyampaikan tentang proses restrukturisasi yang saat ini dijalankan oleh Pertamina. Per 1 September telah terbentuk 6 sub holding Pertamina, dan PT Kilang Pertamina Internasional ditunjuk menjadi sub holding refinery dan petrochemical.

Dengan berdirinya PT KPI sebagai Sub Holding, maka PT KPI harus mandiri dan lebih fokus ke bisnis.

Baca Juga: Pertamina Ukur Kepuasan Warga tentang Program CSR di Balikpapan

Berita Terkini Lainnya